Penampilan jadi Penting

#Harike-5; #GameLevel4; #Tantangan10hari; #MemanduGayaBelajarAnak; #BundaSayangIIP



Hari ini saya melakukan checklist ciri-ciri untuk gaya belajar Visual dan Kinestetik. Karena sampai hari kelima ini dua gaya belajar tersebut cocok dengan pembawaan Sp. 

Berikut checklist yang diberikan dalam materi#4 :

1. Penampilan
Meskipun penampilan masuk dalam Visual, Auditori dan Kinestetik. Namun untuk anak Visual, penampilan bukan sekedar rapi tapi memperhatikan detail. Itu yang membedakan dengan Auditori dan Kinestetik.

Sebelumnya saya suka agak kurang sreg dengan seringnya Sp salah kostum. Di saat jalan serius dia pakai baju asal. Sekalinya hanya jalan ke pasar atau sarapan pagi bersama di hari Minggu, dia pakai baju yang lebih dari sekedar rapi. Padahal tempat sarapan kita bukan tempat yang keren. Hanya sekitaran pasar ๐Ÿ˜€

Sempat siiih saya ingatin dia, tapi hal itu nggak merubah dia. Meskipun sedikit kurang sreg apa boleh buat, orangtua harus menghargai pilihan anak agar dia tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri. 

Akhir-akhir ini, neng Sp cukup detail memperhatikan kombinasi baju. Baik dari warna sampai model. Saya hanya diam, kecuali kalau udah gak kuat ya ha ha ha.... misalnya dia tetap pengen pake baju lengan panjang dan vest padahal hari itu cuaca panas. 

Sekarang kalau bapaknya dinas keluar negeripun, ada acara pesan minta dibeliin baju! Ngikutin siapaaa.... maminya aja gak pernah minta๐Ÿ˜€

 
baju dalaman kemeja tangan panjang & legging sudah disiapkan dari pagi untuk playdate sama bestie. Cepat berbalik tahu mau difoto 


2. Tidak mudah terganggu oleh keributan
Kalau sedang belajar dia tidak masalah si adik berisik, bahkan seringkali menyalakan musik. 

3. Lemah dalam geografi kecuali dia pernah berada di tempat itu sebelumnya.

4. Lebih suka demonstrasi daripada pidato. Juga belajar dengan memanipulasi dan praktik. Ini susah klop sekali. Karena dia seringbminta ijin saya untuk merekam dia melakukan tutorial. Sampai akhirnya dia bisa membuat video tutorial sendiri tanpa bantuan saya. Sementara kalau pas ada program show and tell di sekolah, dia mengaku gugup. Merasa kesulitan untuk mengungkapkan apa yang ada dalam pikirannya. 

Untuk hari ini cukup bahas empat poin. In syaa Allah besok berdiskusi lagi sama neng Sp melanjutkan checklist. 

Simak tulisan sebelumnya tentang Memandu Gaya Belajar Anak:





Comments

Popular Posts