Makna dan Penggunaan Kata yang Tepat

Saat berselancar di lini masa facebook, saya melihat postingan produk handmade.  Bagi saya produk ini masuk kategori special.  Dibuat dengan penuh perhatian tidak asal. Yang tidak kalah penting adalah jumlah produk ini biasanya akan terbatas karena dibuat khusus oleh perseorangan.  

Tidak jarang produk handmade akan dijual dengan harga yang lebih mahal dibanding produk biasa. Karena diperlukan ketelatenan dan membutuhkan waktu yang tidak singkat saat membuatnya.

Tapi peminat produk handmade tidak terlalu banyak. Bukan karena produknya tidak disukai.  Karena harga jualnya.  Sering kali mendengar komentar, "Dengan harga yang sama kita bisa dapat produk dengan merk yang terkenal. Dan kualitasnya terjamin." 

Sementara bagi orang-orang yang menyukai produk unik dan tidak pasaran tentu tidak ragu merogoh isi kantong lebih dalam untuk mendapatkan produk handmade ini. 

Bicara tentang produk handmade, saya merasakan adanya pengunaan yang kurang tepat sesuai artinyaSaat ini pembuatan produk rumahan pakai mesin jahit juga suka dikategorikan sebagai produk handmade. Padahal lebih tepat disebut homemade. Dalam kamus online google, homemade memiliki arti dibuat di rumah bukan di toko bukan di pabrik alias “buatan sendiri.”

Sementara handmade memiliki arti dibuat oleh tangan bukan mesin alias “buatan tangan.” Tapi kebanyakan orang saat ini tidak mau menyebutnya homemade. Bagi kebanyakan orang kata homemade identik dengan sebutan makanan yang dibuat di rumah. Tidak bisa dipakai untuk produk seperti kerajinan tangan dan sejenisnya.

Penggunaan kata homemade dan handmade diatas adalah salah satu contoh kelirumologi yang dikenalkan oleh budayawan Jaya Suprana. Yaitu paham yang mempelajari kekeliruan yang terlanjur dianggap benar di tengah masyarakat. 

Contoh lain pada kata absen yang kita sering gunakan.  Berasal dari bahasa Inggris yaitu absent.  Artinya tidak hadir

Tapi dalam kenyataannya penggunaan kata absen memiliki arti yang sebaliknya, yaitu hadir.  Kemudian timbul istilah buku absen yang memiliki makna buku daftar hadir. Padahal dalam bahasa Inggris kata hadir ini lebih tepat dengan kata presence berasal dari kata present. 

Tidak mudah untuk meluruskan ataupun mengoreksi kekeliruan yang sudah mapan dan nyaman digunakan oleh umum. Kita akan dikatakan aneh oleh orang lain. Tapi demi sesuatu yang benar, apakah berarti kita ikut terperangkap dengan kekeliruan yang sudah mengakar ini?
Katakan tidak! Karena kalau bukan kita siapa lagi? Mulai dari diri sendiri dalam hal-hal  kecil dan sederhana. Seperti dalam penggunaan kata handmade dan homemade.

___
Sumber: Kamus online Google. 
Wikepedia, Kelirumologi. Jaya Suprana.
#SehariSatuTulisan
#DecemberWritingChallange
#Day7

Comments

Post a Comment

Popular Posts