Komunikasi Produktif



Awal tahun 2017 ini seru! Atau tepatnya mau saya bikin seru. Seru untuk diri sendiri dan anggota keluarga tentunya.

Setelah berhasil mengikuti program Matrikulasi Institute Ibu Profesional akhir tahun lalu. Kini bergabung dengan program Bunda Sayang.  Akan ada 12 materi di program ini. Satu bulan satu materi. Materi akan diberikan setiap hari Senin minggu ke empat. Kemudian peserta akan diberikan 10 hari untuk mempraktekkan materi tersebut dalam keluarga.

Setiap harinya harus up date hasil dari praktek tersebut dan dishare di media sosial untuk catatan diri.  Kenapa tiap hari? Tujuannya adalah untuk menguji konsistensi dan kesungguhan peserta dalam menerapkan komunikasi produktif.  Juga bisa berbagi hal positif kepada orang lain, setidaknya sesama peserta kelas. 

Saat ini kelas yang saya ikuti ada 39orang yang berdomisili di Asean, Eropa, Amerika serta Australia dan New Zealand.  Juga dilengkapi oleh dua fasilitator yang berdomisili di Bandung dan Serang-Banten. Sulit? Memang gak ada yang bilang untuk mengurus anak dan keluarga itu mudah :))

Materi pertama Komunikasi Produktif  sangat menarik.
Minggu lalu saya berkesempatan mengikuti kelas online cara membuat portopolio anak. Salah satu halnyang digaris bawahi adalah menghilangkan inner child pada diri kita.  Lagi-lagi ketemu inner child, yang sempat menjadi bahasan juga di program Matrikulasi. Dalam wikipedia inner child merupakan salah satu masalah mental emotional memories yang terjadi di masa kecil dan tetap terbawa di bawah alam sadarnya hingga masa dewasa.

Begitu mendengarkan penjelasan Komunikasi Produktif ini, mata saya langsung berbinar, hati senang. Meskipun ‘berat’ kalau ingat dengan tugas tulisan yang harus dilakukan tiap hari.

Sesuai dengan namanya, saya berpikir kalau saya menjalankan dengan benar, dengan penuh kesabaran, maka setidaknya saya akan mendapatkan:

  • bisa mencontohkan komunikasi yang baik pada anak
  • bisa tahu  minat anak
  • membentuk karakter pada anak karena si anak terhindar dari Unresolved inner childhood experience.  Jadi pada saat dewasa mereka tidak  perlu melepaskan diri dari inner child (baik dari dirinya sendiri maupun orangtua sebagai pengasuh).

Tadi pagi saya langsung praktekkan sama si bungsu Sn pada saat masak untuk makan siang. Mengenalkan bayam. Awalnya dia teriak, "Flower!" Sambil megang-megang bayam.
Sambil memotong saya kenalkan mana bagian batang dan daun. Di akhir aktivitas Sn bisa mengucapkan dan membedakan bagian daun dan batang. Meskipun pengucapan untuk batang jauh dari sempurna. Sn juga mengerti ketika diminta membuang akar bayam ke tempat sampah.

Untuk si sulung Sp. Siang tadi saya sampaikan, mulai hari ini saya tidak akan memisahkan tulang ikan untuk dia. Pertengahan tahun ini usianya 10 tahun. Jadi sudah waktunya belajar memisahkan tulang ikan tanpa bantuan saya.

Dia langsung bertanya ‘Dulu mami seusiaku sudah bisa belum memisahkan tulang ikan?"
Saya jawab, "ya, bahkan bisa motong buah"
"Hah? Yakin? Makanya mami mau aku juga belajar ya?"
"Gak juga. Emang tahun ini mami mau nambah tugas kamu aja. Berawal dari makan. Nanti bulan maret kamu punya tugas baru nyuci kaus kaki.’
"Haaaah? mami emang seusiaku juga udah nyuci kaus kaki?"
"Gak, mami nyuci kaus kaki sendiri waktu Secondary."
"Wah… yangti manjain mami banget ya?"
"Noooooo….!" Saya ketawa lebar. "Gak semuanya bisa dibandingkan dengan waktu mami kecil dong. Beda jaman sayang. Yang pasti setiap ibu tahu kemampuan anaknya. Daaaan kamu keren… umur 5 tahun aja sudah mulai cuci piring sendiri setiap habis makan. Duluuuu mami gak masalah kamu gak cuci sendoknya, sekarang sudah umur 9 tahun masih mau gak kaya dulu, gak nyuci sendoknya?"
Sambil ketawa lebar Sp bilang, "I knew what you mean, mam!"

Mam?? haha itulah hasil komunikasi produktif di hari pertama saya. Eit.... ada kejadian pelengkap juga.  Kejadian diatas jadi obrolan produktif sama mas bojo barusan. Alhamdulillah nhw saya yang pertama berjalan mulus






#hari1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip
#ODOPfor99days #58weeks
#week4-1 #7thpost


Comments

Popular Posts