Liburan Akhir Tahun



Libur sekolah di akhir tahun 2016, kita memutuskan mudik di akhir minggu ketiga sampai minggu ke empat bulan Desember. Sengaja memilih waktu itu agar bertepatan dengan libur  sekolah di Indonesia.  Jadi Sophie bisa bertemu dan bermain dengan sepupu-sepupu yang masih sekolah.

Selain itu saya memilih akhir minggu ketiga karena hari libur nasional, perayaan natal, yg jatuh di akhir pekan. Hari yang tepat untuk bisa kumpul bersama anggota keluarga lainnya.
Jauh hari saya bersama kakak saya mengatur untuk mengadakan reuni keluarga besar dari pihak mama. Jadi sudah kebayang pas mudik ketemu saudara-saudara yang sudah lama gak ketemu. Sejak tinggal di Singapura, setiap perayaan Lebaran saya selalu absen untuk bisa kumpul-kumpul dengan keluarga besar.

Acara reuni tersebut diadakan hari Minggu, 25 Desember. Alhamdulillah bisa terkumpul hampir 60 orang. Seru, ramai senang bercampur jadi satu.  Kelengkapan saudara yang hadir malah lebih lengkap dibanding kumpul di hari raya.
Gelak tawa, teriakan seru anak-anak bermain di halaman. Semua melepas kangen. Daftar anggota group di whatsapp semakin memanjang. Keseruan bersilaturahmi berlanjut di dunia maya. ‘Jauh di mata dekat di jari eh hati’ :D

Mudik kali ini bukan hanya berkesan buat saya yang bisa melepas kangen dengan saudara-saudara, tapi juga untuk Sophie. Kali ini dia tidak merasakan kesulitan seperti sebelumnya untuk berkomunikasi. Sudah enam bulan saya menerapkan program ‘no english day’ setiap hari Minggu untuk Sophie. Selain itu, saya juga mengharuskan dia ikut berkomentar di group whatsapp keluarga, agar tidak hanya mengerti bahasa Indonesia secara lisan tapi juga tulisan.
Alhamdulillah mudik kemarin malah memberikan semangat dan percaya diri dalam berbicara bahasa Indonesia.

#ODOPin99days #58weeks
#week2-2 #4thpost


Comments

Popular Posts