Duo project, why not!

#ProjectFamily2; #Harike-8; #Gamelevel3; #MyfamilymyTeam; #BundaSayang; #IIP


Sesuai namanya proyek keluarga, seharusnya semua anggota terlibat. Dalam Bunda Sayang IIP, proyek keluarga selain melibatkan semua anggota keluarga juga adanya diskusi dan perencanaan proyek tersebut.

Karena proyek keluarga kedua ini tidak bisa optimal melibatkan seluruh anggota keluarga. Daddy yang memiliki jam kerja panjang serta beda usia Sp Sn yang cukup jauh. Jadi di hari kedua proyek keluarga #2 ini saya menyiapkan diei untuk membuat dua proyek sekaligus.
Proyek#2 untuk saya dan Sp si sulung.
Proyek#3 untuk saya, Sp dan Sn.
Terus peran Daddy dimana? Menerima laporan dari neng Sp tentang bagaimana duo proyek tersebut berlangsung.

Hari ini merupakan hari pertama utuk proyek keluarga #3. Baik saya juga Sp bermain bersama sambil melatih sistim motorik Sn mengenal abjad. Kind of fun learning.

 
Sn menggunakan lego membentuk huruf Y dan T
juga menuliskan beberapa huruf X dan T


Untuk proyek family#2, hari ini memasuki hari kedua. Sp dan saya saling melengkapi untuk belajar bahasa Mandarin.
Kemarin kita sempatkan pergi ke perpustakaan untuk meminjam bacaan ringan berbahasa Mandarin.
 
Suasana perpustakaan di sore hari lebih sepi


Saya pernah membaca bahwa cara yang efektik membantu anak mempelajari bahasa kedua adalah kita ikut belajar bahasa tersebut. Jauh sebelum Sp lahir saya pernah belajar bahasa Mandarin. Bisa untuk digunakan dalam berkomunikasi sehari-hari yang dasar dan sederhana.

Jadi di proyek keluarga #2 ini dengan metode bebas saling mengajari antara saya dengan Sp cocok dan bisa membuat Sp suka dengan pelajaran bahasa Mandarin. Atas saran teman yang melaksanakan home schooling, di usia 10 tahun anak lebih siap menerima bahasa secara terstruktur yang detail. 

Hari ini selain membahas kosa kata yang Sp berikan buat saya, kita juga membaca buku cerita berbahasa Mandarin yang menurut Sp sangat sederhana untuk 'pemula' seperti saya 😀. Harus mengakui Sp menguasai kosa kata jauh lebih banyak, juga dalam hal menulis tulisan kanji.






Comments

Popular Posts