Melatih Kemandirian Anak hari ke-10


Hari ini merupakan hari terakhir dari tantangan 10 hari apresiasi Kemandirian Anak. 

Bila dua hari terakhir kemarin saya serasa diawang-awang karena kemandirian dua gadis kecil di rumah.  Hari terakhir dari tantangan yang jatuh di hari Sabtu ini ternyata bukan puncak kesempurnaan😀. Semoga ada yang bilang lebay dengan menggunakan kata "puncak kesempurnaan" itu. Jadi sedikitnya bisa mengobati diri😀😀.

Si bungsu Sn, yang dari pagi buang air kecil di potty dengan lancar, tetiba sore sebelum jam 5 tadi sambil memperlihatkan mainan legonya dia teriak, "Pipiiiiis..."

Sebelum saya bawa dia ke potty, sudah ada genangan air di lantai. Padahal sedikitnya sudah tiga hari saya tidak melihat genangan air di lantai. Saya langsung bawa ke kamar mandi dan sekalian mandi sore.

Sementara si sulung Sp, mentang-mentang ini Sabtu, dia kok menolak cuci botol minum yang kemarin dia pakai.  Dia bilang dia mau cuci hari minggu besok, dua botol sekalian. Hari ini males nyuci.... hhhh. Padahal apa susahnya dia kan bisa cuci botol bersamaan cuci piring sama gelas bekas dia sarapan.😀

Akhirnya dia cuci juga tuh botol minum bersamaan dia cuci piring setelah selesai makan siang. Gak kuat juga dia ngeliat botol minumnya teegolek di bak cuci.  Dicuekin mami yang sebetulnya nyuci peralatan dapur bekas menyiapkan makan siang tadi.

Momen baiknya hari ini, karena cuaca di luar tidak mendukung kita untuk keluar rumah. Kakak adik ini bermain akur di rumah.  Dari mulai si kakak mengijinkan adenya mainkan castle lego, sampai sengaja buatkan rumah yang luas biar si ade bisa mainkan karakter-karakter si lego leluasa. 



Tidak sampai disitu, si kaka membuat gelang kembar starburst dari rainbow loom. warna ungu buat si ade warna biru untuk dirinya.
Alhamdulillah....

Meskipun secara formal tugas di kelas Bunda Sayang hanya selama sepuluh hari.  In syaa Allah tetap komit untuk melanjutkan program one wee one skill untuk anak-anak dalam melatih kemandirian mereka.
Ini sebagai bekal berharga di masa depan mereka. Dan ini juga merupakan tugas serta tanggungjawab saya sebagai ibu mereka.

Semoga Allah selalu memberikan rahmat dan ridhloNya kepada kami. Memberikan kesabaran lebih kepada saya dalam mendidik dan mendampingi mereka. Aamiin.




#gamelevel2
#melatihkemandirian
#kuliahbunsayiip


Comments

Popular Posts