Saling melengkapi


FamilyProject#2; #Harike-7; #TantanganFamilyProject;, #Gamelevel3, #MyFamilymyteam; #BundaSayang; #IIP


Dihari pertama proyek keluarga ini, neng Sp semangat. Bertanya ingin tahu perkembangan saya mengingat kosa kata yang dia kasih. Dia kaget waktu saya bilang baru bisa menguasai tiga kata.

 "Jangan khawatir, satu hari tiga kata itu termasuk dalam penggunaan kalimat lho, ka. Nah sekarang kita praktek yu baca."

"Kita baca buku cerita dari perpus?"

"Gak, karena ini hibungannya dengan kosa kata yang mami pelajari, jadi pake textbook kamu dari sekolah."

Tiga puluh menit kita baca cerita di bab 6. Sesuai  dengan kosa kata baru yang saya pelajari. Saya minta Sp membaca dan menerjemahkan. Sempat ada protes karena saya minta dia menerjemahkan kata satu persatu. Dia ngotot ingin menerjemahkan satu kalimat secara umum. Dari situ bisa dilihat banyak kosa kata yang belum dia kuasai.  

Pengucapan salah intonasi yang sering saya lakukan, membuat dia merasa dia lebih menguasai bahasa Mandarin.  Perlahan saya memberi tahu dia, kurang menguasai kosa kata tidak apa selama kita mau belajar lebih giat lagi untuk memperkaya kosa kata. Tidak hanya tahu pengucapan dan artinya saja. Tapi juga penggunaan dalam kalimat. Dengan demikian kesulitan dalam mengarang sedikit demi sedikit akan berkurang.

Hari pertama di proyek keluarga ini cukup peoduktif dan menyulut semangat Sp. Dia punya kelebihan dan kekurangan demikian juga saya. Dengan belajar bersama kita bisa saling melengkapi. 
Bismillah, semoga ke depannya lebih produktif lagi dan berarti. aamiin.


 
Membaca dan menerjemahkan cerita 




Comments

Popular Posts