Mengoptimalkan VAK

#Harike14; #GameLevel4; #MemanduGayaBelajarAnak; #BundaSayang; #IIP



"Yang penting anak pernah merasakan semua gaya belajar. Secara fitrah dirinya akan belajar mengikuti "suara hati kecil" akan menggunakan gaya yang mana, atau mengkombinasikan banyak gaya bergantung badai yg dihadapi. Ikuti suara hati kecil itu biarkan dia yang bersujud membisikkan ke seluruh bumi dan diamini oleh seluruh penghuni langit"(Septi Peni Wulandani).


Sengaja saya mengutip pesan founder Institut Ibu Profesional diatas.  Sebagai pengingat tugas kita sebagai orangtua melatih dan menstimulus anak-anak, agar mampu mengenal semua gaya belajar. Tidak ada satu gaya yang lebih bagus dari yang lain. Semuanya baik, yang membedakannya adalah bagian organ mana yang lebih dominan. Dan secara alami dan otomatis semuanya bisa bergantian saling melengkapi sesuai dengan kondisi dan situasi yang ada bila semuanya telah dilatih optimal.


Hari ke empat belas ini saya membersamai Sn melatih semua gaya belajar. Visual, Auditori dan Kinestetik. Dengan menggunakan mainan berupa berbagai macam binatang.  Mengelompokkan binatang berkaki dua dan berkaki empat. 


Cara bermainnya adalah: saya menirukan bunyi satu binatang, Sn akan bilang nama sambil menunjuk binatang tersebut.  Kemudian kita bertukar posisi. Sn yang menirukan bunyi binatang saya yang menebak. Terkadang sengaja saya menebak salah. Dan Sn memprotes, memberitahu kasalahan saya. Good job, girl.



 



Comments

Popular Posts