Berbagi dan Bershalawat






Hari kedua ini saya masih tetap sama mengenalkan ranah berhubungan dengan Tuhan-Nya untuk Sp.  Dan ranah hubungan interpersonal untuk Sn. Rencananya dalam tantangan game level 7 ini saya ingin mempraktekkan 3 hari berturut-turut mengenalkan ranah yang sama. Pemikiran saya ini akan bisa memberi impak yang lebih terhadap si anak.

Bila kemarin saya mengenalkan kekuatan beristighfar, hari ini saya mengenalkan kekuatan bershalawat.  Keinginan/hajat kita bisa kita bisa terkabul karena rahmat Allah. Yang memiliki sifat Arrahman.

Sementara untuk Sn, untuk menumbuhkan sifat berbagi.  Ketika tadi pagi saya pergi tahsin, selain membawa mainan juga camilan untuk Sn dengan porsi yang lebih banyak dibanding biasanya.  Saya ingin mencoba apakah susah bagi Sn untuk berbagi makanan dengan teman-temannya.

Ternyata disaat saya bilang, "Would you please share your chips with your friend?" sambil menunjuk satu anak yang duduk tidak jauh dari Sn.
"No."
"Can you give her some of your chips to her?" Saya mengulang dengan menghilangkan kata 'share'.  Apa yang terjadi? Sn memberikan beberapa keripik kentangnya.  Bahkan mau memberikan satu potong kecil keripik sama bayi yang masih berumur 8 bulan. Dan ini terus berlanjut.  Dia memberi keripik kentangnya ke teman lain yang ada di situ, sampai si keripik mau habis. Sambil memperlihatkan bungkusnya kepada saya "Nomore, cannot give. Throw, mommy." Saya memberi gesture ke arah dapur untuk membuang bungkus keripik di tempat sampah.

Hari pertama dan kedua, sepertinya Sn belum bisa atau belum mengerti arti kata share, berbagi.  Karena dengan menggunakan kata yang berbeda tapi mengandung arti yang sama dia mau melakukannya.



#Harike-2
#Tantangan10hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga

Comments

Popular Posts