Obrolan di Dapur




Sepulang dari belanja sayuran, Sn periksa tas belanjaan. Langsung ngambil dan ngeluarin jagung dari tas belanjaan. 
"Corn, mommy. I wanted corn."
"They were raw, I need to cook them first."
" I pulled this mommy." Sambil mengupas kulit jagung
"Yeah, that was peeliing not pulling, Sn. Let me do."
"No, I wanted to do."

Setelah beberapa lembar daun jagungnya dikupas, Sn minta tolong karena sisa kulit jagungnya bersatu gak bisa dikupas perlembar lagi. Saya bantu kemudian saya potong si jagung menjadi dua bagian. Melihat itu, Sn kembali ke jagung yang satu, mengupas kulit seperti sebelumnya, dan dia minta saya mematahkan beberapa kulit jagung. Ketika saya mau memotong jagung. Dia minta jagung dan mau mencoba untuk memotongnya. Sekali gak berhasil, kali kedua juga gak berhasil. Akhirnya menyerah dan minta saya untuk memotong si jagung, masukkan ke panci untuk direbus.

Kegiatan di dapur tadi kuat dalam ranah intrapersonal dan interpersonal. Tahu akan kemauan sendiri, mencoba terus dan minta tolong ketika sudah berusaha  tidak bisa melakukan sendiri.

Ranah Melek Spiritual, intrapersonal dan interpersonal hari ini untuk Sp. Menyambut Idul Adha yang akan jatuh besok hari. Sp bantu-bantu masak di dapur. Kupas mengupas sayuran merupakan tugas baru. Karena di usia 10 tahun ini, saya beri keleluasan untuk menggunakan pisau juga peeler. Practise makes progress. Begitu saya sampaikan. Tidak selamanya practise makes perfect. Kupasan kentang pertama terasa lama dan ada rasa khawatir tangan luka. Saat ngupas kentang kedua sedikit lebih cepat selesai meskipun masih pelan dan kaku gerakannya. Pas kupasan kentang ke tiga Sp merasa rasa khawatir jarinya terluka tidak sekuat saat pertama kali mengupas kentang. "Did you think it was perfect to peel the third potato?" Saya tanya.
"Not really, I saw some spots on the potato, but I felt more confident to peel it the third one than the first and second."
"That called progress, and it apply to other activities too. Practise makes progress."

Obrolan di dapur berlanjut dengan rukun islam ke lima. Menunaikan Ibadah Haji. 


#Harike-14
#Tantangan10hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga

Comments

Popular Posts