Bersedekah Sejak Dini



Materi tambahan hari rabu ini  mengutip dari buku Financial Parenting, oleh kak Seto dan kak Lutfi. Yang memberikan gambaran 10/10/10/70 (Pay yours first). Arti angka tersebut menggambarkan besaran persentase pembagian dari total uang saku yang diperoleh anak. 

10 % untuk beramal ( pay your soul first), 
10 % menabung ( pay your safe first), 
10 % investasi ( pay your self first), 
dan 70 % untuk pengeluaran kebutuhan mendasar.

Dari metode ini saya bicarakan dengan Sp tentang penggunaan uang saku. Sp memang termasuk tidak pelit dalam berderma. Baik sumbangan yang diadakan di sekolah maupun sumbangan umum saat kita sedang jalan di luar rumah. Bedanya uang yang dia dermakan kadang uang dia sendiri kadang minta uang dari saya untuk menderma. Ini yang harus dikenalkan ke Sp agar lebih teratur lagi mendermakan uang saku yang biasa dia tabungkan setiap di akhir pekan.

Selama ini uang saku yang tersisa, dia tabungkan dalam celengan. Kalau ingin sesuatu Sp gak minta uang jajan tapi pakai dari uang celengan. Tidak jarang dia juga mentraktir saya es krim.

Masuk dalam agenda saya untuk merubah kebiasaan berderma menggunakan dari uang saku dia. Apalagi rasa simpati Sp cukup baik. Saya rasa tidak akan menjadi masalah besar untuk dipraktekkan.


Latih - percayai-jalani-supervisi-latih lagi.
#HariKe-7
#KuliahBunSayIIP
#Tantangan10hari
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial



Comments

Popular Posts