Play a Trick

 




Hari ini saya rencananya mau ngajak Sp ngobrol tentang apa yang sudah dia pratekkan dalam mencapai cerdas finansial sejak dini.

Setidaknya saya sudah mengenalkan langkah-langkah sederhana untuk menstimulus kecerdasan finansial ini, sejak lama. Saya ingin memulai dengan pengaturan uang saku, karena ini minggu pertama dia dibekali uang saku untuk seminggu penuh. 
"Ka, kamu hari ini berhasil nyisihin uang saku?"
"Ya tapi gak banyak."
"Berapa?"
"Biar enak ngitungnya nanti aja besok, Jumat laporan ya." 

Wiiiih...! Segitunyaaa. Pikiran saya kok malah langsung bertanya-tanya dengan jawab seperti itu. Tapi saya berusaha menahan diri. Memperlihatkan bahwa saya percaya sama dia. 

"Ka, mami mau bahas lagi tentang keinginan sama kebutuhan itu lho. Pastikan yaa kamu naik level menahan dirinya mana butuh mana ingin." Saya berusaha ganti topik.

"I knew mom. By the way, I got something to show you." Sp mendekati saya sambil ngeliatin satu kaleng bundar ukuran sedang. Sekaleng permen! 
"It was quite, here was for sharing, here was for not sharing." Bergantian dia membuka-tutup dua sisi kaleng yang satu lubang kecil, yang satu lubang besar. "Did you want one?"

"Yes, please." Sambil nyomot satu permen saya nanya Sp. "Were you sure you save some money? This kind of candy wasnnot cheap!"
"Oh yes, I have save some
money. I didn't use my money to buy this candy."
"And how? Your friend treated you again? oh please..."
"Nooo... I used my bus card, mom."

"What...!" Saya dan suami berbarengan. 
"I dont like you use your bus card to buy this kind of things, Sp. You could use it for emergency." Bapaknya nimpali.
"No worries, I wouldn't do so often, dad."

Mmm... ini sih bikin mami mutar-mutar cari ide. Dengan usia yang masih muda, betul dia bisa mengatur uang saku. Tapi dia karena rasa ingin tahu dan praktek keingintahuan ini, dia bisa pake kartu pelajar yang memang bisa dipake transaksi pembayaran transportasi juga di beberapa conviniet stores.


Latih - percayai-jalani-supervisi-latih lagi.
#HariKe-8
#KuliahBunSayIIP
#Tantangan10hari
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial

Comments

Popular Posts