Semangat Tinggi






Setelah daftar tulisan lengkap, dan cara mengelola mini budget dijelaskan. Kini bersiap menerima uang tunai dengan perincian uang saku selama lima hari plus pendapatan dari beberapa aktifitas harian. Sampai saat ini ba'da Isya tidak ada nominal nongol di kolom debet. Well done.Baru besok saat sekolah.

"Aku sebenarnya setiap Senin itu, manjakan diri dengan makanan lho, mami."
"Maksudnya?"
"Aku lebih bebas beli makanan karena Senin kan dikasih uang extra."
"Lebih jelas lagi ceritanya, ka." Hati mulai was-was. Jangan-jangan selama ini uang saku yang saya berikan kurang utk membeli makanan selama reses.
"Senin itu, aku sarapan lagi di sekolah. Karena ada menu mashed potato. Pas reses aku makan fishball noodle & sosis keju. Siangnya sebelum gabung kelas paduan suara saya cukup jajan makanan pengganjal, karena masih kenyang selama reses."
"Kalau hari-hari biasa, kamu cukup dengan uang sakunya? Merasa masih lapar juga nggak?"
"Nggak lapar kok, mami." 

Setiap hari saya memberi Sp uang saku sebesar $2. Harga makanan di sekolah tentu lebih murah dibanding makanan di luar. Saya khawatir bila memberi uang saku besar malah memanjakan. Bila pas-pasan saya khawatirnya justru karena jngin membeli sesuatu, Sp menahan diri untuk jajan karena harus menabung. Dan bisa mengakibatkan rasa lapar melanda selama di sekolah.

Saya merasakan dan melihat semangat tinggi pada Sp di awal mengenal mini budget. Saya berharap Sp bisa berlatih agar cakap dalam mengelola keuangan aka melek finansial.

Sempat terpikir, Sp melakukan beberapa aktifitas ini bukan kesadaran diri tapi karena terpicu oleh reward berupa uang tunai. Tapi saya menepiskan hal ini. Saya sampaikan ke Sp bahwa reward berupa uang tunai merupakan rejeki dia dari Allah melalui saya. Ketika uang itu sudah berada di tangannya, ada beberapa kewajiban dia untuk berbagi kepada kaum yang kurang beruntung. Hak Allah. Ini juga bisa melatih rasa empati pada diri Sp. 


Latih - percayai-jalani-supervisi-latih lagi.
#HariKe-11
#KuliahBunSayIIP
#Tantangan10hari
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial

Comments

Popular Posts