Aliran Rasa #8


Cerdas Financial
Kata-kata yang bikin merona buat diri. Gimana ngajarin anak-anak kalau sebagai orangtua aja saya belum cerdas dalam berfinancial.

But hey.... that's not the spirit being a member of IIP. Tidak ada kata terlambat untuk memulai belajar suatu hal yang belum kita kuasai. 

Jadi dari mulai aktifitas sesederhana mungkin seperti mulai menabung di celengan buat si bungsu. Mengenalkan nominal uang dalam koin sekalian menyambung matei #6 tentang Matematika Sekitar Kita.

Buat si sulung, lebih menantang. Soal nabung menabung di celengan udah terbiasa. Membedakan antara ingin dan butuh sudah dikenalkan jauh sebelumnya. Karena hal ini yang membuat saya bangga mampu manahan diri di saat 'genting'; ini butuh apa ingin! Dan si sulung secara teori ngelotok banget hal ini, prakteknya terkadang masih mengesampingkan juga kalau udah ngebet😀
Kalau sudah begini saya bilang "It is ok to treat yourself."

Hal yang diajarkan pelan-pelan dengan penuh konsentrasi tinggi adalah ketika mengajarkan yang berhubungan deng ketauhidan. Bahwa rejeki itu sudah pasti. Allah sudah menggaransi rezeki setiap makhluk. 

Mengajarkan berderma tidak terlalu sulit juga karena selain suka dibersamai berderma di saat hari Sabtu saat keluar rumah. Di sekolah juga ada program rutin untuk berderma.

Yang paling seru ketika saya mengenalkan mini budget. Mengelola uang masuk dan uang keluar. Projek mini budget pertama selama seminggu, Sp mampu mengumpulkan uang hampir 10 dolar! Melihat ini, dia terpacu lebih semangat berdisiplin diri agar mendapatkan pemasukkan rutin. Karena dia punya target untuk bisa beli tas yang cukup lama dia idam-idamkan tapi gak disetujui saya karena selain harga tas cukup tinggi, tas sekolah yang dia punya saat ini juga masih bagus kondisinya.
Set the target, keep on the right track to achieve the target! Semangat tinggi demi target itu ternyata masih bisa menunggu ketika menjelang perayaan hari anak, ada kegiatan berderma di sekolah. Berderma bagi anak-anak yang kurang beruntung. Tanpa ragu Sp bilang ke saya, dia akan memakai uang hasil yang dikumpulkan dalam proyek mini budget! 



"Aku mau berbagi dengan anak-anak yang kurang beruntung ini menggunakan uangku. Aku tahu besarnya donasiku nggak sebesar donasi yang diberikan beberapa temenku. Tapi mereka pakai uang orangtua mereka. Aku pake uang yang kukumpulkan karena kedisiplinan yang aku lakukan."

Ma syaa Allah! 
Alhamdulillah ❤️


Comments

Post a Comment

Popular Posts