Melihat Terasa Lebih Nyata






Memasuki hari kesebelas, satu member kelas share pengalamannya mengenalkan pendidikan seksualitas pada anak-anak di rumah. Tepatnya ketika sang ibu melahirkan anak ke empat di rumah tanpa kehadiran bidan.  

Adek Rara lahir di rumah, saat sebelumnya dah disiapin untuk melahirkan di bidan, tapi qodarullah sebelum berangkat ke bidan sudah mbrojol duluan, "kecelakaan" itu terjadi pas krucils dan bbrp anak tetangga belum sempat dikondisikan dengan baik, meski tidak begitu jelas mereka sudah langsung ber- asumsi tentang dari mana adek bayi keluar.

Pasca lahiran, dan semua sudah kembali normal. Anak sulung, Lila, memberanikan diri bertanya pada ibunya, "Ma, adek bayi keluar dari pant** ya ?

"Bukan nak, adik keluar dari lubang lahir, deket tempat pipis kakak Lila." itu jawaban mama sambil mengambil buku "aku anak yang berani" .
Buku yang saat baru beli sudah langsung dibacakan pada anak-anak.  Tapi ternyata pengalaman "melihat" langsung lebih ngena ke mereka. Dari sini kita sebagai orangtua bisa lebih mudah masuk atau mengenalkan tentang pendidikan seksualitas kepada anak-anak.  Dan hasilnya, informasi yang kita berikaa akan lebih mudah diterima atau dipahami oleh anak.



#harike11
#fitrahseksualitas
#learningbyteaching
#bundasayangmaterisesi11


Comments

Popular Posts