Aplikasi Kebugaran Tubuh


Dalam aplikasi ini lebih detail rekaman tentang kesehatan kita.  Dari mulai kalori yang kita gunakan, berapa langkah kita lakukan seharian serta jarak tempuh yang sudah kita lakukan.  Sesuai dengan namanya, aplikasi ini juga kita bisa menuliskan rekaman kesehatan kita.  Dari mulai tekanan darah  sampai detak jantung.  Dilengkapi folder medical ID yang berisikan berat badan, tinggi badan, Body Mass Index, golongan darah serta alergi dan reaksi apa yang kita miliki.


Kali ini saya akan mengulas aplikasi lama yang sempat saya tinggalkan, kini diawal tahun 2018 kembali saya gunakan.  RunKeeper - GPS Running Tracker dari FitnessKeeper, Inc. Alasan utama menggunakan kembali aplikasi ini, sesuai dengan resolusi tahun ini untuk kembali aktif berolahraga briskwalking.  Bukan lari bukan jogging.  

Kenapa briskwalking? Karena olaharaga mudah dan sederhana ini sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh.   Yang utama adalah menjaga kesehatan jantung.  Selain membuat badan bugar, bila rutin dilakukan briskwalking juga mampu mencegah naiknya gula darah.  

Terakhir menggunakan aplikasi ini 2-3 tahun lalu, ketika si bungsu, Sn masih betah duduk di stroller bila diajak pergi keluar rumah.  Jadi saya bisa jalan sambil mendorong stroller.  Memang jatuhnya menjadi jalan sehat bukan briskwalking.  Tapi setidaknya saya masih bisa berolahraga.  Oh iya saat saya hamil di trimester terakhir, saya masih aktif menggunakan aplikasi ini.  Rekor terjauh jarak yang saya tempuh adalah 5 kilometer.  Saat itu seminggu sebelum saya melahirkan Sn.

Dengan aplikasi gratis ini kita bisa tahu berapa jarak yang sudah kita tempuh, dan berapa kalori yang sudah kita bakar/gunakan. Rekor jarak serta kalori akan disimpan per minggu sehingga kita bisa mengetahui langsung perbedaannya. Apakah lebih baik atau justru menurut.  Bila kita ingin lebih menuliskan target harian atau mingguan ini maka kita harus upgrade ke aplikasi yang premium.  Aplikasi ini berbayar.  Saat ini saya belum perlu mengupgrade berpindah menggunakan aplikasi premium karena, bagi saya yang terpenting adalah disiplin diri untuk konsisten.  Target mingguan saya adalah minimum 5 kilometer perminggu. Maksimum 10 kilometer.

Di minggu ketiga saya cukup kaget karena total jarak yang saya capai adalah 16.5 kilometer.  Melebihi batas maksimum.  Saya sempat berpikir apakah saya telah memasang target terlalu rendah? Tapi saya menepis, mengingat saya baru memulai lagi olahraga rutin dan memang sebaiknya tidak memasang target tinggi.  Selain itu penting bagi saya untuk memperhatikann rata-rata langkah per menit.  Semakin lama sebaiknya menurun alias mengecil angkanya.  Ini berarti saya harus meningkatkan kecepatan langkah saya saat briskwalking.  Tabel di bawah ini memperlihatkan rekaman minggu kedua dan ketiga.  Minggu pertama masih penyesuian dengan jadwal sekolah si bungsu Sn.  Masih berorientasi dan jam sekolahnya masih merupakan adaptasi bagi anak-anak Nursery.  Kali pertama masuk sekolah PAUD, berumur 4 tahun.



Aplikasi RunKeeper dari FitnessKepper Inc.


Selain aplikasi diatas, saya juga menggunakan aplikasi Health yang merupakan bawaan dari smartphone yang saya gunakan.  Dalam aplikasi ini lebih detail rekaman tentang kesehatan kita.  Dari mulai kalori yang kita gunakan, berapa langkah kita lakukan seharian serta jarak tempuh yang sudah kita lakukan.  Sesuai dengan namanya, aplikasi ini juga kita bisa menuliskan rekaman kesehatan kita.  Dari mulai tekanan darah  sampai detak jantung.  Dilengkapi folder medical ID yang berisikan berat badan, tinggi badan, Body Mass Index, golongan darah serta alergi dan reaksi apa yang kita miliki.

Dua aplikasi ini saya gunakan sebagai kombinasi.  Informasi yang saya dapatkan sangat memuaskan dan memacu semangat agar untuk tetap konsisten berolahraga dengan target-target yang masuk akal dan cocok dengan kemampuan saya sendiri. 

Di atas saya menguraikan kelebihan dari dua aplikasi ini, lalu bagaimana dengan kelemahannya? Dengan kombinasi dua aplikasi ini kelemahan yang kita dapatkan sangat minim.  Bila saya lupa mengaktifkan aplikasi  RunKeeper saat mulai berolahraga, maka aplikasi Health yang memang merupakan aplikasi bawaan dari smartphone, tetap bisa merekam, berapa banyak langkah dan berapa jauh jarak yang saya tempuh.  Bahkan dilengkapi dengan perbandingan berapa lantai bila kita berolahraga secara vertikal alias menaiki tangga.




#HariKedua
#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia





Comments

Popular Posts