Tahun Baru Cina




Tujuh makanan khas tahun baru Imlek 


Menjelang tahun baru Cina atau yang seringkali dikenal dengan imlek, biasa kita akan melihat dekorasi yang serba merah yang dilengkapi dengan shio tahun tersebut. 

Tahun baru Cina dihitung berdasarkan kalendar lunar atau bulan. Siklus pergantian tahun yang memiliki dua belas simbol hewan atau yang biasa dikenal dengan shio. Dua belas hewan ini digunakan untuk mengabadikan tahun-tahun tersebut. 

Susunan shio dimulai dari tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing dan terakhir babi. 

Tahun 2018 merupakan tahun anjing. Untuk mengetahui shio, kita tinggal menghitung mundur. Misalnya tahun anjing sebelumnya adalah tahun 2006, 1994, 1982, 1970, 1958 dan seterusnya.

Selain shio, tiap tahun juga dihubungkam dengan elemen dasar bumi, yaitu logam, air, kayu, api dan tanah.  Semua elemen ini akan membedakan sifat-sifat yang mendasar dari setiap shio. Siklusnya akan berjalan sekitar enam puluh tahun untuk shio berelemen sama. Bila seseorang mengalami siklus ini, dipercaya dia akan mengalami hal-hal yang kurang baik dalam hidupnya saat itu. Maka untuk menghindari ketidakberuntungan inilah mereka disarankan mengenakan warna-warna cerah, termasuk merah yang menjadi favorit.

Bagi saya, hal ini tidak serta merta berpendapat tahayul. Karena saat seseorang mencapai usia 60 tahun memang sudah melewati produktif umumnya. Kelemahan fisik juga menjadi salah satu alasan kecuali ketika masa mudanya aktif berolahraga dan menjaga gaya hidup sehat.

Jadi terlepas mengikuti kepercayaan siklus tahun baru cina atau tidak, kita juga tahu bagaimana kondisi seseorang berusia 60 tahun. 


Makanan khas Imlek

Ada beberapa jenis makanan yang bisa dikatakan harus ada selama perayaan tahun baru Imlek. Terutama pada malam tahun baru. Jenis makanan ini biasanya memiliki pengucapan yang mirip dengan hal-hal yang baik. Dengan demikian mereka percaya tahun baru ini akan memberikan keberuntungan. Ketika mereka mengucapkan selamat tahun baru, biasanya dilengkapi dengan ucapan harapan-harapan yang baik. Misalnya semoga selalu diberi kesehatan. Semoga rezekinya bagus. Bahagia dan sukses dan masih banyak ucapan baik lainnya.




Sumber: China Highlight. February 2018
Chineseage.info, Chinese Astrological Years



Comments

Popular Posts