Resep Bolu Tape Keju Panggang


Saya tidak terlalu suka sama bolu juga tart, tapi untuk yang satu ini malah menjadi salah satu favorit makanan saya. Empuk khas bolunya dengan aroma dan rasa tape yang manis dilengkapi keju lembut, serta keju renyah di bagian atasnya. Yummy😋 

Dulu setiap ada acara kumpul keluarga biarpun sekedar menghabiskan akhir pekan di rumah kakak. Saya suka request bolu ini. 

Setelah beberapa kali lupa simpan resep andalan dari kakak, akhirnya saya browsing di internet dan memodifikasi resep sesuai dengan resep andalan kakak yang sepintas masih saya ingat. Malu juga kalau minta resep terus. 

Alhamdulillah hasilnya enak sesuai selera malah lebih empuk, mungkin karena saya menggunakan butter menggantikan margarin. Dan susu bubuk saya ganti dengan susu cair.


Berikut bahan yang diperlukan dan langkah-langkahnya.

Bahan A:
150 gram tape singkong. Haluskan dan buang seratnya.
70 ml susu segar bisa diganti santan.

Bahan B:
90 gram tepung terigu. 
1/2 sendok teh baking powder
Sebagian keju parut kira-kira dua sendok makan nanti dimasukkan dalam adonan, sisanya untuk topping.

Bahan C: 
3 butir telur
1 sendok teh Sponge Gel (SP)
Gula putih 80 gram (4 sendok makan)

Bahan D:
75 gram butter/margarine. Cairkan.

Topping: 
75 gram keju parut cheddar. 
Kismis (optinal)
Almond iris (optional)

Cara membuat:
1. Aduk bahan C dengan menggunakan mixer dengan kecepatan sedang hingga kental.

2. Masukkan bahan A. Kocok hingga merata. Masukkan bahan B dan sebagian keju parut. Lalu kocok sebentar dengan kecepatan rendah. Setelah adonan merata matikan mixer.

3. Masukkan adonan D sedikit demi sedikit. Aduk perlahan dengan spatula sampai merata. 

4. Masukkan adonan dalam loyang. Bila loyang bukan anti lengket, jamgan lupa olesi sengan mentega/maragine lalu taburi tebung terigu. 

5. Taburkan keju parut diatas adonan sebagai topping.

6. Panggang selama 30-45 menit dalam oven yang sebelumnya sudah dipanaskan. Pastikan suhu oven 180 derajat.

7. Angkat. pindahkan bolu dari loyang. Siap dipotong setelah bolu sudah dingin. 





Pas dihidangkan dengan teh atau kopi panas bersama keluarga tersayang.







Comments

Popular Posts