Empat Hal yang bisa Menimbulkan Kesombongan Kesombongam

Hari ini saya menerima video ceramah singkat di whatsapp group. Ceramah yang dibawakan oleh ustad Adi Hidayat ini menyampaikan tentang empat hal yang bisa membuat seseorang menjadi sombong.


Hal pertama adalah nikmat memiliki harta yang banyak. Ini sudah sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Rasa ingin memperlihatkan kepada orang lain bahwa dirinya hidup diatas rata-rata. Hedonisme menduduki peringkat pertama. Sehingga tidak jarsng kelompok yang memiliki harta rata-rata juga menempuh hidup mewah agar terlihat menjadi bagian dari kaum hedon. Inilah pembukgian dari membohongi diri sendiri.


Hal lain yang bisa menyebabkan seseorang memiliki sifat sombong adalah menerima amanah berupa jabatan. Semakin tinggi jabatan seseorang semakin kuat pengaruhnya membuat diri sombong. 


Sementara di posisi ketiga yang bisa menimbulkan kesombongan adalah berpendidikan tinggi. Ilmu bisa membuat seseorang sombong. Ilmu yang dimiliki tdiak digunakan untuk menebar manfaat tapi digunakan untuk pamer. Merasa lebih pintar dari yang lain. Tidak memberikan ruang kepada orang karena merasa diri lebih tinggi. 

Ini sangat menyedihkan ilmu tanpa sentuhan agama memang akan buta.


Untuk poin terakhir ini cukup jarang terjadi. Ketaatan dalam beragama. Ada orang yang tergincir jatuh dalam kesombongan ketika merasa dirinya lebih soleh atau soleha karena selalu mampu beribadah lebih baik dibanding yang lain. Lalu mencela orang yang dia lihat kurang taat dalam beribadah. 


Keempat hal itu begitu sering dan mudah kita rasakan atau temui dalam sehari-hari. Semoga kita bisa mengambil hikmah dari video ceramah singkat diatas. Semoga Allah tetap memberikan nikmat dan rahmatNya kepada kita agar senantiasa menjadi umat yang memberikan manfaat kepada lingkungan terdekat kita. Fastabiqul khairat.❣️


___


#SehariSatuTulisan

#DecemberWritingChallange

#Day6


Comments

Popular Posts