Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Siapa yang tidak kenal kunyit? Bumbu dapur satu ini ternyata memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan.  Berikut saya merangkum sembilan manfaat dari kunyit. Mengkonsumi kunyit secara rutin tentu akan memberikan dampak baik bagi tubuh kita.

Tapi, meskipun kunyit alami, tetap harus waspada akan alergi. Teman-teman bisa mencoba dengan mengoleskan parutan kunyit pada kulit lengan bagian dalam. Lalu tunggu reaksinya 12 sampai 24 jam kemudian. Bila tidak ada reaksi gatal atau memerah bisa dilanjutkan untuk mengkonsumsi.


Yuk kita simak manfaat kunyit si rimpang yang hebat ini: 



1. Memperlambat penuaan dini

Zat yang terkandung dalam rimpang kunyit bisa membantu pembuluh darah lebih fleksibel. Juga melindungi tulang keropos saat masa menopause. Peran zat curcumin dalam kunyit juga berguna dalam melancarkan aliran darah pada otak. Hal ini yang menjadikan alasan curcurmin bisa mencegah alzheimer.

2. Mengurangi resiko serangan jantung

Efektif memerangi radikal bebas yang bisa merusak sel-sel dalam tubuh yang menyebabkan infeksi parah. Selain itu bisa mengurangi resiko tersumbatnya peredaran darah oleh kolesterol.

3. Mengendalikan diabetes

Dalam medical journal yang melakukan uji coba pada 240 pasien kategori suspek diabetes. Setiap hari diberikan tablet ekstrak curcumin kunyit.  Hasilnya curcumin bisa merendahkan gula darah. Selama observasi berlangsung tidak ada satupun yang dinyatakan positif memiliki penyakit diabetes.

4. Para ahli kesehatan mengklaim dengan memasukkan kunyit dalam makanan sehari-hari bisa meningkatkan metabolisme dan mengurangi penumpukan lemak. Mengkonsumsi kunyit secara teratur bisa membantu tercapainya target diet dan olahraga dalam menurunkan berat badan.


5. Mengurangi kerusakan yang disebabkan alkohol dan nikotin dalam rokok

Melindungi liver, otak dan organ vital lainnya dari efek negatif alkohol dan nikotin dalam rokok.  Hal ini bukan berarti kunyit obat penetral bagi perokok dan yang suka mengkonsumsi minuman alkohol secara berlebihan.  Hidup sehat tetap merupakan perihal penting dalam menjaga kesehatan.

6. Alternatif obat herbal untuk batuk dan influenza, karena zat curcumin mampu melawan gejala-gejala pilek.  Seperti bersin, hidung tersumbat dan demam.


7. Anti inflamasi pada kunyit mampu mengurangi kemungkinan kambuhnya asma, dengan menguranhi tersumbatnya jalan nafas.


8. Berkumur secara teratur dengan kunyit terbukti bisa menghilangkan plaque pada gigi.


9. Sebagai pain killer yang natural, para ahli telah melakukan riset. Minyak kunyit memiliki kesamaan seperti aspirin dalam menghilangkan rasa sakit (pain kiiler) baik untuk luka bakar atupun pasca operasi.


Semoga bermanfaat, ke depannya saya ingin berbagi dengan manfaat kunyit untuk kecantikan. 






Sumber: 10 impressive health benefits from turmeric.




Comments

Popular Posts