Tantangan 30 Hari Bunda Cekatan

Kelas Kepompong, Bunda Cekatan
Hari pertama


Tugas kedua pada fase kepompong di program Bunda Cekatan. yaitu melakukan aktivitas rutin selama tiga puluh hari secara konsisten.  Aktivitas harus merupakan salah satu topik dari mind map.  

Saya memilih topik membaca buku. Genre yang dipilih  masih berhubungan dengan ilmu parenting. Membaca tulisan tentang tauhid, menumbuhkan keimanan pada diri dan anak-anak. 

Pemberian badge sesuai dengan aturan dari tim Bunda Cekatan dari Institut Ibu Profesional yaitu:
Need improvement: 1 poin
Satisfactory: 2 poin
Very good: 3 poin
Excellent: 4 poin

Karena penilaian dilakukan oleh sendiri, maka saya menyiapkan empat Keys Performance Indicator sebagai berikut:
1. Membaca tulisan dilakukan di pagi hari sebelum masuk waktu dzuhur. Bertujuan agar lebih mudah mengatur waktu. Sehingga kegiatan lainnya tidak terganggu.
2. Mengikat makna. Baik berupa free writing maupun mind map. Untuk dibuat menjadi ebook nantinya.
3. Membaca lebih dari satu jam
4. Bahagia, setelah melaksanakan ketiga KPI diatas, saya merasa termotivasi untuk membaca lagi. Bukan sekedar membaca karena memenuhi tantangan 30hari.



Pada hari pertama ini, saya memberikan badge very good, tiga poin.  Karena tiga bisa memenuhi poin ke satu, kedua dan keempat. 

Buku yang saya baca berjudul Revive Your Heart, karya Nouman Ali Khan. Tentang Doa di saat kita sedang kecewa.

Ketika kita sedang berdoa kepada Allah, jangan berputus asa bila apa yang kita inginkan tidak kunjung terpenuhi. Disini penulis menerangkan bagaimana nabi Zakariyya AS, nabi Ibrahim AS, serta Nabi Ayub AS kepada Allah SWT.

Banyak orang yang berkeinginan ketika mereka berdoa, akan segera terkabul. Bila tidak terkabul merasa kecewa.

Bila keinginan dan kekecewaaan ini berkelanjutan, penulis menyederhanakan bahwa berdoa itu bukanlah pesanan. Ketika kita pesan sesuatu kita sudah atau akan membayar kepada orang yang menyiapkan atau memberikan pesanan kita. Kita akan marah kepada mereka bila apa yang kita dapatkan tidak sesuai dengan pesanan. 

Dua hal yang harus diingat saat kita panjatkan doa. Pertama, kita tidak sedang dalam posisi memesan atau order sesuatu. Kedua, apapun yang kita harapkan dari Allah, bila itu baik untuk kita alhamdulillha. Bila tidak baik, kita percaya itu yang terbaik. Karena Allah Maha Tahu. Jangan berpikiran situasi kita saat ini beda. Situasi apapun yang kita hadapi sudah tertuang dalam Al Quran. 



#tantangan30hari
#kelaskepompong
#bundacekatan
#institutibuprofesional

  

Comments

Popular Posts