Dirgahayu Singapura


Perayaan Hari Nasional Singapura tahun ini terasa berbeda. Biasanya dilakukan pada sore hingga malam hari. Puluhan ribu warga bisa menikmati sajian yang spektakuler di area terbuka hanya Marina Bay atau Padang. Acara dibuka dengan upacara militer dilanjutkan dengan kontes budaya ditutup oleh pesta kembang api yang spektakuler.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, acara diadakan pada pagi hari dan sore. Dibuka dengan sambutan oleh Perdana Menteri di istana, lalu upacara militer yang dipimpin oleh Presiden diadakan di Padang. Semua media meliput dan menyiarkan secara langsung baik pada televisi dan media sosial agar memudahkan para warga untuk menyaksikan. 

Enam F-15SG Eagle Fighter jets dari Angkatan Udara Singapura akan mengudara dari Padang dan berkeliling di udara Singapura. Lalu disusul dengan pesawat Chinook yang membawa bendera. Tepat jam 9.30 parade kendaraan militer bekeliling menyapa para warga.

Sebagai penghargaan kepada para frontliner dan paramedis dalam pandemi Covid-19, Angkatan Udara Singapura menyapa mereka di enam rumah sakit milik pemerintah. Paramedis menyambut mereka dengan mengibarkan bendera-bendera kecil baik dari balkoni atau di atap Rumah Sakit. 

Bagi Rumah Sakit yang lokasinya berdekatan dengan lapangan terbuka, The Red Lion akan terjun dengan membawa bendera dan banner yang bertuliskan semangat kebersamaan dan kebangsaan. Sehingga semua warga memiliki kesempatan untuk menikmati pertunjukan ini dengan lebih dekat.


NDP 2020 - Red Lions. OurSingaporeArmy


Tidak mau ketinggalan, saya suami dan anak-anak bergabung dengan warga sekitar menyambut parade kendaraan militer di jalan dekat rumah. Ini merupakan kali pertama bagi si bungsu melihat tank dalam jarak dekat. Sudah pasti banyak tanya ini itu. Beruntung suami pernah ikut mengerti tentang semua ini, kalau tidak, saya akan kesulitan untuk menjawab pertanyaan beruntunnya.

Seperti biasa, di hari spesial ini, dapur akan tutup lebih awal. Kita pesan makan dari luar dan menyantap makan malam bebas tidak perlu di meja makan. Menikmati sambil nonton acara NDP di televisi. Termasuk pesta kembang api yang akan diadakan di delapan area. 

Inginnya sih menyaksikan langsung ke area yang terdekat dari rumah. Kapan lagi karena kembang api hanya bisa dinikmati warga Singapura setahun dua kali yaitu perayaan NDP dan pesta Akhir tahun. Tapi selain ingat jaga jarak aman selama pandemi dan juga kondisi anak-anak bukan tipe yang bisa tidur lambat, kita putuskan nonton dari televisi saja.   

Singapura adalah rumah kedua bagi saya. Apa yang diberikan oleh pemerintah terhadap warganya selama kesulitan pandemi Covid-19 ini sangat besar, memberikan rasa nyaman. Terima kasih dan Dirgahayu Singapura! 



Comments

Popular Posts