Berperan dalam Passion To Nation





Merdeka itu dimulai dari rasa percaya diri, mampu mengontrol dirinya, dan menghargai kemerdekaan orang lain. Produktif itu dimulai dari mengenal dirinya, mengenal passionnya, menguatkan kompetensi, kemudian ditambah karakter kinerja yang bagus dan terus dilatih. Orang yang merdeka akan menjadi produktif, dan orang yang produktif akan menjadi orang yang merdeka.
- Septi Peni


Waktu, energi dan semangat yang saya tuangkan dalam passion akan menjadi bagian penting bersama 945 Hexagonia dalam membangun Hexagon City sebagai kota impian. 

Kota yang dihuni oleh orang yang memilih untuk menjadi warga yang komit untuk produktif dengan passion yang dimiliki. Sesuai dengan tema yang diusung yaitu Passion to Nation.

Berperan untuk membangun kota impian dimulai dengan mengisi Passion Canvas. Yang memudahkan Hexagonia untuk untuk berkarya dengan mengetahui tantangan, solusi apa yang bisa melampauinya. Lengkap dengan hard dan soft skill yang diperlukan.



Passion saya di bidang Keterampilan Tangan adalah menjahit berbagai craft kebutuhan dalam rumah, aksesoris seperti clutch, cover Al Quran, tote bag serta baju untuk dipakai sendiri. Craft kebutuhan rumah tangga sebagian saya buat dari kain perca.

Life stage passion saya ada tiga, yang pertama adalah Passion to Knowledge. Sesuai dengan salah satu bahasa bakat terkuat saya Learner, alias pembelajar. Yang kedua adalah Passion to Service, ini juga masih erat hubungannya dengan potensi kekuaran dan personal branding saya. Yang terakhir adalah Passion to Business. Sekalipun seller adalah salah satu personal branding tapi ketika beririsan dengan uang, tidak jarang saya merasa sungkan.

Ini menjadi PR, selama menjadi warga Hexagon City kesempatan saya untuk menggali mencari tahu apa yang membuat saya tidak nyaman ketika bertransaksi. 

Sebagai orang yang memiliki potensi kekuatan di Ideation, saya mencantumkan konsisten berkarya pada kolom ide. Ini lebih memudahkan saya karena saat mengerjakan satu karya biasanya akan bermunculan ide-ide baru yang lebih updated dan high demand. 

Bukan berarti saya tidak punya ide saat ini. Sekedar menyiasati kelemahan bahasa bakat saya pada focus, dan mengedepankan kekuatan bahasa bakat di Ideation,  Responsibility dan Achiever.  

Seru kan ya, bayangkan 945 orang menuangkan passionnya sesuai dengan potensi kekuatan untuk menjadi kompeten pada aktivitas yang kita sukai.

Umumnya yang kita temui di luar sana adalah, orang yang kompetensi di satu bidang karena sudah melalui jalur akademi tapi saat praktek di dunia kerja akan terasa memberatkan. Kenapa demikian? 

Jawabnya adalah ada ruang yang memisahkan antara kompetensi dan potensi. Ini tidak akan terjadi pada Hexagonia yang dari awal bersungguh-sungguh mengisi Passion Canvas. Karena kompetensi yang lahir adalah hasil dari potensi diri. 

Terasa mengasikkan bisa menuangkan partisipasi saya sebagai Hexagonia untuk membangun kota impian, Hexagon City. Next... saya ingin bercerita tentang Projek Passion saya bersama teman-teman di co-housing 1 Keterampilan Tangan. ❤️





Comments

  1. Biasanya belanja ide dimana, Bu Walkot?
    Suka bingung memang yaa...saat ide gak ada tapi pekerjaan menuntut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. belanja ide di om google mbak hihihihi. Gak jarang suka lupa waktu saking banyaknya yang pengen ini itu.

      Delete

Post a Comment

Popular Posts