Membuat Rutinitas Lebih Menarik dan Mudah

Mengikat makna tulisan Make it Attractive and Easy dalam buku Atomic Habits karya James Clear


Kunci untuk merubah rutinitas yang harus kita pahami adalah bagaimana rutinitas itu terbentuk. Ada empat tahapan yang harus kita lalui dalam membentuk rutinitas, Prosesnya terbagi dalam empat langkah, yaitu tanda (cue). keinginan (craving), respons dan bonus (reward). Putaran empat langkah ini bisa diaplikasikan pada segala aktivitas, termasuk aktivitas sehari-hari

Jalan yang terbaik adalah dengan membuat cue bisa ditangkap oleh indera pandangan.  Dari hampir sebelas juta indera yang ada pada tubuh manusia, sekitar hampir sepuluh juta terletak pada pandangan. Dengan kata lain cue adalah motivasi tertinggi untuk tindakan harus dijadikan terlihat.

Menghadirkan cue yang menarik indera penglihatan akan membangunkan habit yang berkaitan. Jadi kita bisa menciptakan cue yang diinginkan secara langsung. Artinya kita bisa merencanakan kapan, dimana dan bagaimana untuk mewujudkan keinginan kita. 

Saat kita membuat rencana, kita akan memastikan untuk tetap melakukan rutinitas. Ada studi tentang voter dalam pemilu di Amerika. Warga yang ditanya “Jam berapa akan pergi ke tempat pemungutan suara?” Dan “Bagaimana pergi ke sana?” Pasti akan pergi dibanding warga yang hanya ditanya apakah dia akan pergi ke tempat pemungutan suara.

Contoh lain, daripada janji pada diri sendiri untuk berolahraga lebih sering. Mending buat rencana pasti seperti “hari Senin, Eabu dan Jumat saya akan berolahraga sepulang dari kantor.” Lalu siapkan baju dan peralatan olahraga dan bawa ke kantor, simpan di tempat yang bisa terlihat setiap saat. 


Buatlah Semenarik Mungkin 

Setiap hari kita direcokin dengan berbagai iklan baju, makanan dan banyak hal lainnya yang sudah dibuat semanarik mungkin. Semua itu tentu sudah melalui proses edit yang canggih bingga terlihat sangat menarik.

Demikian juga dengan rutinitas. Kita haru membuat semuanya terlihat menRik sehingga kita makin tertarik dan  ingin menjadikannya sebagai rutinitas. 
 
James Clear mencontohkan pada seorang pria bernama Norman, seorang engineer di Irlandia. Dia ingin merubah rutinitasnya menjadi menarik. Dia butuh menambah porsi olahraganya, tapi rasa malas menghadang. 

Akhirnya dia memutuskan untuk berolahraga sekaligus menonton Netflix.  Dia merubah sepada statisnya dan menghubungkannya dengan laptop. Semakin kencang dia mengayuh dia akan bisa menikmati Netflix. Ini merupakan transformasi aktivitas yang awalnya tidak dia sukai menjadi aktivitas yang disukai. 


Jangan Dipersulit

Kesalahan yang umum dilakukan adalah terlalu fokus dengan rutinitas baru yang serba baik. Lalu akhirnya mogok ditengah jalan. Sekalipun diawalnya mereka melakukan riset, perencanaan matang dan strategi tapi lupa akan rutinitas yang harusnya mereka lakukan.  Padahal kunci untuk melahirkan rutinitas adalah jangan terlalu memikirkan berapa lama waktu akan menuntun kita untuk bisa menguasai rutinitas baru. 

Kita tahu, setiap aktivitas yang mudah biasanya akan memotivasi. Semakin banyak energi yang diperlukan untuk satu kegiatan semakin malas kita melakukannya. Memang menciptakan habit baik itu tidak mudah. James Clear memberikan tips dan tricks menarik. Two minutes rule! 

Mulailah dengan hal yang kecil dan buatlah rutinitas yang mudah untuk dimulai. Contohnya daripada bilang “Aku butuh belajar untuk besok.”  Mendingan bilang pada diri sendiri buka catatan.

Buat kalimat yang sederhana untuk menjelaskan rutinitas baru yang akan kita lakukan. Misalnya menggantikan kalimat “Aku akan yoga selama tiga puluh menit.” Diganti menjadi “Mau pake yoga mat.”

Ada juga tricks untuk  mengeliminasi bad habits yang sudah melekat pada diri kita. Misalnya kita ingin menghentikan kebiasaan nonton tv. Cukup cabut kabel TV, ambil batere dalam remote. Butuh usaha dan waktu extra untuk menyalakan tv, sehingga kita jadi malas nonton. 

Jadi, sudah siapkah untuk menggunakan kalimat sederhana sehingga rutinitas baru terdengar mudah untuk dilakukan? 👓






Comments

Popular Posts