Rutinitas Kecil Bisa Membuat Perubahan Besar

 

Mengikat makna tulisan How small habits can make a big difference dalam buku Atomic Habits karya James Clear


Bicara tentang sukses, menurut James Clear, banyak orang yang salah fokus dalam menilai. Mereka lebih fokus pada hasilnya daripada proses yang dilaluinya. Dan percaya bahwa keputusan yang besar akan membawa mereka pada tujuan. Ini tidak sepenuhnya benar, karena perubahan sebesar satu persen yang dilakukan setiap hari akan membuat kita tiga puluh tujuh kali menjadi lebih baik dari sebelumnya. Sebaliknya, bila kita aktivitas menurun sebesar satu persen setiap hari, hasilnya hampir tidak ada. Dengan kata lain, kebiasaan kecil bisa membuat perubahan yang besar. 

Kita tidak menyadari perubahan kecil itu karena dampaknya tidak langsung terasa. Baru akan terlihat setelah beberapa bulan atau bahkan tahun kemudian. Sebagai contoh, kita tidak akan berpikir makan sepotong pizza itu tidak sehat.Tapi bila kita makan sepotong pizza terus menerus setiap malam tentu kita akan tahu alasan jarum timbangan bergerak jauh ke arah kanan. 

Demikian juga bila kita ikut kelas yoga selama 30 menit dalam sehari tidak akan secara otomatis membuat badan kita langsing. Tapi bila berlanjut sampai satu tahun hasil yang kita rasakan tentu akan berbeda.

Apa yang kita dapatkan saat ini adalah hasil dari habit. Rutinitas yang kita lakukan itulah yang mengantarkan kita pada kondisi saat ini. Sehat, bugar, bahagia, ramping, gemar membaca dan sebagainya. 

Secara sederhana kita bisa menila harta atau kekayaan setiap orang bisa dilihat dari gaya hidup mereka. Demikian juga hubungan antara kesehatan. Ternyatawaktu mampu memperbesar jarak antara sukses dan kegagalan. Dan rutinitas yang kita lakukan merupakan pilihan. 

Kita bisa memprediksi arah masa depan, lalu tinggal jalani rutinitas yang bisa menuntun kita kesana. Ingat kebiasaan buruk bisa memberikan efek semudah kebiasaan baik yang bisa membangun diri kita. Maka sangat pentingnya kita memilih rutinitas yang bisa memberikan dampak baik dalam hidup. Kuncinya adalah perubahan kecil pada perilaku yang terus menerus dilakukan. Lalu perilaku ini akan menjadi habit yang menuntun kita pada sukses yang besar.  💙

Tulisan selanjutnya tentang bagaimana membentuk habit. 

Tulisan sebelumnya: Pentingnya Membangun Identitas Diri 




 

Comments

Popular Posts