Refashion dan Gaya Hidup Minimalis

Refashion mengubah produk lama menjadi produk baru

Ketika saya diminta membuat testimoni oleh perwakilan Co-housing Seni di Hexagon City. Saya langsung berpikir tentang peran seni. Apa pendapat saya tentang seni, apa peran seni dalam hidup? Saya meyakini setiap orang adalah unik dan berbeda sekalipun mereka kembar identik, bisakah ini juga berlaku untuk seni? Apa pendapat umum tentang seni, karya seni. Lalu bila seni dirubah dengan menerjemahkan dalam bahasa asing, saya menggunakan bahasa asing yang lebih mendunia, yaitu bahasa Inggris; Art. Dan kembali mengulang pertanyaan di atas dengan mengubah kata seni menjadi Art. 

Bicara Art atau seni, dalam pandangan saya. Orang kebanyakan akan langsung membayangkan karya seni yang terkenal. Terutama produk seni visual. Bila disambungkan dengan audio, secara otomatis pikirannya melayang kepada musik klasik. Lupa dengan karya seni yang sering kali kita jumpai dalam keseharian. 

Bagi saya peran seni dalam hidup adalah penting. Mari lepaskan diri dari pemikiran bahwa seni adalah karya termahal. Seni hanya bisa dilakukan oleh orang tertentu. Sebetulnya kita bisa melibatkan seni dalam keseharian dan semangat hidup kita akan melesat karena rasa bahagia. Kita bisa mehadirkan seni dalam setiap aktivitas sesuai dengan diri kita sendiri. Ini bisa dimulai lebih mudah bila kita sudah mengenal diri sendiri. Lalu kita melihat pola seni yang umumnya dilakukan oleh orang. Amati, lalu modifikasi sesuai dengan kekuatan diri sendiri. Dengan demikian kita tidak menjiplak pola seni orang lain. Karena itu belum tentu cocok dengan pribadi dan karakter kita. Bagaimana kita bisa tahu pola hasil modifikasi itu sudah cocok? Gampang, kita merasa senang saat melakukannya. Hadirkan seni di setiap kegiatan. Karena seni akan mempengaruhi emosi, bisa merubah suasana hati. 

Kita lihat bagaimana suasana kelas taman kanak-kanak. Mereka belajar banyak hal dengan bernyanyi tanpa khawatir apakah suara mereka merdu atau tidak. Saat membaca buku, untaian kata yang diracik oleh penulis handal akan menghanyutkan para pembacanya dengan alur cerita. Demikian juga dengan keberhasilan peran yang dibawakan oleh para pemeran dalam drama atau film. Segala hal lebih bermakna dengan sentuhan seni. 

Salah satu resolusi 2021 saya adalah menerapkan gaya hidup minimamlis. Mulai dari yang sederhana yaitu mengedepankan kebutuhan daripada keinginan. Lalu mengoptimalkan barang-barang yang sudah dimiliki saat ini. Kalaupun belum waktunya diganti tapi sudah terasa "bosan" bisa "mendaur ulang" barang tersebut dengan sentuhan seni. Bahasa trendnya Upcycle. 

Placemats dari baju anak-anak yang sudah tidak terpakai



Namanya juga baru memulai tentu harus dilakukan secara perlahan dan bertahap. Akan terasa berat bila langsung terjun bebas dalam gaya hidup minimalis, apalagi harus melibatkan anak-anak. Alih-alih tercapai malah akan terasa berat menjalaninya. 

Sesuai dengan salah satu hobi saya membuat kerajinan tangan dengan menjahit. Saya memanfaatkan baju-baju yang sudah tidak bisa dipakai lagi menjadi produk baru yang masih bisa digunakan. Selain placemat, juga tilam mangkuk (bowl cozy). Tilam mangkuk ini juga Microwave safe bila semua bahan yang digunakan terbuat dari katun. Termasuk lapisan dalam yang membuat tebal si tilam. Katakan tidak masalah dengan mangkuk panas, ketika kita ingin menikmati sup. Ataupun mengeluarkan mangkuk dari Microwave.

Selain membuat placemate atau bowl cozy, saya juga merubah baju anak yang sudah kekecilan menjadi rok. Kemeja suami menjadi blouse saya atau anak. Sisanya masih bisa dibuat patchwork untuk quilt cover

Membuat quilt cover akan butuh waktu yang lebih lama. Karena keterbatasan baju atau bahan yang digunakan. Sekalipun yang akan saya buat adalah ukuran single bed. Jadi ingat waktu masih kecil, almarhum nenek suka membuat selimut patchwork. Saat mau tidur jadi ada obrolan asik sama kaka ataupun mama. Cari tahu potongan kain dari baju siapa aja yang sudah dijahit oleh nenek menjadi selimut yang kita pakai. Saya pun membanyangkan hal yang sama, ketika quilt cover sudah selesai, kita cari tahu potongan kain ini dulunya baju siapa. Kenangan masa lalu pun akan terlintas pada anak-anak. Semua ini bisa terjadi dengan sentuhan seni. Baik dalam refashion maupun seni dalam bounding dengan anak-anak jelang tidur. 

       

   


Comments

Popular Posts