'ntar kata orang gimana?'

'Kadang aku suka bingung deh, apa yg kita lakukan harus selalu terlihat baik di mata orang lain. Kalo ga, pasti deh jd bahan omongan/gunjingan/gosip. Hal Kaya gini yg kadang bikin aku males gaul!'
Itu hanya sebagian obrolanku dg ponakan. Sepintas uneg-uneg seperti itu terdengar biasa ga aneh, jd kalopun diresponse senyum udah selesai meskipun tdk menuntaskan inti permasalahan yg ada di kepala ponakanku, toh hal itu sepertinya terjadi pada setiap orang. Pasti!
Karena seringkali Kita dengar "jgn sampai begitu, apa kata orang nanti."

Justru karena pernyataan seperti itu seringkali muncul dalam kehidupan sehari-hari, jadi ga terasa aneh lagi, kalau sudah ga aneh alias umum, seringkali kita cuek melupakan tugas kita sbg manusia hidup utk tdk sekedar nikmati hidup aja tapi juga wajib menyimak makna hidup ini agar kita bisa nikmati hidup alias tidak menyianyiakan waktu yg tidak bisa diputar kembali.

Sebagai manusia kita memang tidak mungkin hidup menyendiri alias butuh orang lain, bersosial. Celakanya...bila kita perhatikan perilaku kita-manusia dalam kehidupan sosialnya, umumnya tidak hidup sebagai pribadi, melainkan hidup berdasarkan pikiran orang lain!

Pikiranku 'ngelantur' sampai ke tahap ini 'gara-gara' disaat menikmati 'me time' sambil ngopi...menuntunku pada artikel seorang Sastrawan bernama Oscar Wilde, yg menyatakan bahwa sebagian orang adalah orang lain, karena "Pikiran mereka merupakan pendapat orang lain, hidup mereka bagai peniruan, dan hasrat mereka kutipan belaka!" (The Illusion of Identity, New York: Norton and Company).

Aku sih setuju banget dgn pendapat Oscar Wilde diatas, karena umumnya orang disekeliling kita demikian. Mulai penampilan hingga tingkah laku. Tidak hanya untuk mendapatkan pendapat (=pujian) orang lain tapi juga ngikut2 trend (^_*) Jadi gimana dong? Apa kita bisa melepaskan diri kita? toh kita sebagai manusia memang harus&wajib bersosial, dan kita ga mau jadi bahan pembicaraan para tetangga - dalam hal perlakuan. Dalam Hal penampilan kalaupun tidak ngikutin trend bisa dicap kurang gaul....katro....norak! Oh my...

Well, semua berserah pada pilihan si pribadi masing-masing tentunya. Dalam Hal ini aku ingin mengutif tweetpemain bola TimNas kita yang terkenal dengan sebutan BEPE20. "Karakter itu seperti berlian yang mengalahkan batu-batu lainnya!"
Luar biasa...so it would be great if we can be ourselves and has very own characters :) What a challange!
Tdk mudah bukan utk mengikuti aliran arus tanpa kehilangan kendali kesadaran diri utk berkarakter, krn yg paling mudah adalah ngikutin arus toh jadi lebih aman (Dan ini umumnya lbh mudah tapi kreatifitas ga bisa kita miliki, ujungnya ya Kita hidup dikendalikan oleh pendapat orang lain....uuuh kasihan deh Lu!)

Kembali pada uneg-uneg ponakanku diatas ttg bgmana sebaiknya kita bersikap dlm bersosial agar bisa menjalin hub Baik tanpa berbasa-basi, krn seringkali justru orang Akan senang dg yang namanya basa-basi :D
Uuuh....aku bangga banget sama ponakanku yg masih belia, masih belasan umurnya, sudah punya pemikiran seperti ini. Semoga bertambah umur, dg minat baca tetap tinggi, engkau akan jadi orang yg dewasa & berwawasan luas nak! I luv u full...(^_*)

.....the end...

Comments

Popular Posts