Crispy Almond Bars


Pagi tadi pas siapin sarapan neng Sophie, sudut mata ngeliat kulit pastry di pojokan rak kulkas.

Aturannya, itu kulit pastry ada di freezer, ini entah hari keberapa itu si kulit pastry jadi penghuni kulkas.  Sebelum menyesalndatang karena si kulit rusak gak bisa dipakai, saya keluarin juga dari pojokan rak.
Cek stock pelengkap dan bahan-bahan standar bikin kue. Hanya  stock mentega yang minim, paling cuman 100gram.  Mata bolak-balik ngeliat ke si kulit pastry dan baju setrikaan. Biasanya nungguin Sophie siap berangkat sekolah saya ngedate sama setrikaan. Hari ini sepertinya lebih berat ngolah si kulit pastry; daripada kebuang. Baju bersih masih bisa menunggu untuk disetrika.

Dari dulu setiap lewat atau ngeliat bakery pasti mampir untuk beli cheese straw, crispy bar peanut dan sejenisnya. Gak bisa ke lain hati karena kerenyahannya juga kaya rasa! Setelah beberapa kali mencoba buat sendiri ternyata mudah bahkan sekarang saya sering merubah bahan dan topping sesuai selera atau sesuai stock bahan yang ada di rumah.  Semoga bermanfaat, apalagi kalau sudah praktek hasilnya dishare, boleh ditag ke saya juga.

Karena ada permintaan resep cemilan si kriuk ini dari beberapa teman dan saudara. Saya bikin resep sederhana yang gak ribet. Selama ada bahan dan oven, beres. lupakan timbangan dan takaran.

Resep crispy almond bar & twisted cheese straws:
Bahan:
  • Kulit pastry satu paket (saya pakai yg persegi 4x4 inch 12 lembar)
  • 1 butir telur, kocok ringan
  • 4 sendok makan unsalted butter, dicairkan 

Topping: 
  • Keju parut parmesan dan cheddar (atau salah satu)
  • raisin dipotong setengah (optional)
  • Bubuk kayumanis (optional)
  • European herb (optional)
  • Irisan almond

Cara membuat:
  1. Olesi kulit pastry dengan butter, tipis aja olesannya. Lanjut diolesi kocokan telur. 
  2. Potong kulit pasta selebar 2 jari untuk  cheesy almond bars, kalau untuk twisted straw cheese potong seukuran satu jari. 
  3. Atur potongan adonan tersebut di atas loyang anti lengket *). 
  4. Taburi topping sesuai selera. 
  5. sedikit olesi lagi dengan kocokan telur. Kalo ingin pakai serbuk kayumanis atau European herb, taburi setelah adonan diolesi kocokan telur. 
  6. Untuk twisted cheese straw putar adonan sampai melintir. beberapa topping akan jatuh di loyang tapi gak usah khawatir, kita bisa tempelin kembali dengan mudah, karena adonan cukup lengket.
  7. Masukkan adonan kedalam oven yang sebelumnya sudah dipanaskan. Set temperatur di 180 celcius selama 30 menit atau sampai terlihat cantik kecoklatan. 

Hidangkan dengan teh atau kopi panas, kriuk dan rasanya gak kalah dengan si kriuuuuk di top bakery in town. 


Kali ini untuk topping saya pakai: chia seed, irisan almond, serbuk kayumanis, keju parut cheddar & parmesan.
*) tips hemat, untuk memudahkan urusan cuci mencuci loyang, saya suka pakai aluminium foil yg diolesi minyak camomile/olive oil atau olesan mentega sesuai resep. Lebih hemat dibanding beli baking paper.

Comments

Popular Posts