Melatih Kemandirian Anak hari ke-3

Yeay hari ini 25 Pebruari, hari ketiga buat neng Sn dan hari kedua buat neng Sp dalamn program  Melatih Kemandirian Pada Anak dari Institut Ibu Profesional (IIP).

Karena kemarin ada kegiatan rutin di luar rumah dari pagi hingga jelang dzuhur, jadi kegiatan hari kedua Sn tidak masuk dalam tulisan hari kedua.  Tulisan kemarin hanya menceritakan kegiatan Sp di hari pertama untuk belajar mandiri.

Jadi dalam tulisan ini akan menceritakan kegiatan toilet training kemarin dan hari ini.  Setelah bulan lalu tidak berhasil dengan toilet training langsung di kamar mandi. Sn masih belum nyaman untuk bisa duduk di atas toilet. Maka kali ini saya membawa si potty keluar toilet, menyimpannya di area tempat Sn bermain. Pengenalan fungsi si potty dilakukan di hari pertama.  Bukan dipakai untuk pipis malah si potty dipake tempat nyimpen mainan. Di hari kedua dia masih tetap pipis di samping si potty sambil teriak ngasih tahu saya.

Saya sudah berusaha untuk berada di sekitar dia selama toilet training. Beberapa pekerjaan rumah lainnya sudah diatur untuk bisa dikerjakan di waktu lain, alhasil jam kerja lebih panjang dari biasanya
Repot memang, tapi saya yakin hal ini akan menjadi kenangan dan momen lucu yang bisa diceritakan pada si anak pas sudah besar nanti.

Ada kejadian lucu di hari kedua toilet training. Sebelumnya seperti biasa Sn ngasih tahu saya pipis setelah celananya basah. Berkali-kali saya tanya mau pipis dia bilang gak, sampai 40 menit kemudia saya tanya lagi mau pipis? dia tetap bilang tidak.
Sampai satu saat dia nunjuk si potty sambil duduk diatasnya. Saya tanya mau pipis? buka celananya ya? dia jawab “No…, Sn duduk.”

Tidak lama sambil nunjuk si potty dia bilang “mommy, it’s wet...wet.” Terus dia acungin tangan kanannya dengan jari-jari terkepal bilang “I did it.” Persis seperti si Dora karakter kartun kalau berhasil memecahkan masalah. Ya, lain kali pipis di pottynya buka celana dulu ya de
Dan di hari ketiga ini sampai jam segini ternyata belum muncul perayaan “I did it”.  Yang ada masih tetap bilang setelah lantai sekitar kaki basah. Setiap ditanya mau pipis gak, masih bilang gak mau...

Sementara sebagai hari kedua bagi neng Sp. Pagi tadi dia di dapur dorong-dorong bangku kecil untuk membuka kabinet di atas. Minggu ini saya menyimpan sengaja menyimpan cereal coklat di kabinet atas agar tidak bisa diambil Sn yang baru sembuh dari batuk. “Anything I can help you?”
“Nope, thanks. I can handle myself.”
“Good job, big girl. Im making cheese pastry for Sn & my breakfast, you want some?”
“Yes, please but I prefer nutella to cheese”

Alhamdulillah….. hari ini diawali dengan menyaksikan kemandirian si gadis kecil yang dalam waktu 4 bulan lagi pas 10 tahun.

#level2 #melatihkemandirian
 #kuliahbunsayiip

Comments

Popular Posts