Melatih Kemandirian Anak hari ke-4


Mengapa melatih kemandirian anak itu penting?

Kemandirian anak erat kaitannya dengan rasa percaya diri. Sehingga apabila kita ingin meningktkan rasa percaya diri anak, mulailah dari meningkatkan kemandirian dirinya.

Kemandirian erat kaitannya dengan jiwa merdeka. Karena anak yang mandiri tidak akan pernah bergantung pada orang lain. Jiwa seperti inilah yang kebanyakan dimiliki oleh para enterpreneur, sehingga untuk melatih enterpreneur sejak dini bukan dengan melatih proses jual belinya terlebih dahulu, melainkan melatih kemandiriannya.

Kemandirian membuat anak-anak lebih cepat selesai dengan dirinya, sehingga ia bisa berbuat banyak untuk orang lain.

Kapan kemandirian mulai dilatihkan ke anak-anak?
Sedini mungkin, temukan selengkapnya disini...

Memasukki hari keempat toilet training Sn, alhamdulillah tidak ada genangan air pipis di lantai. Setiap ditanya mau pipis dia selalu jawab gak mau.
Setiap selesai pipis dia akan memberitahu saya kalo si potty basah, tapi baju bagian bawah masih tetap nempel gak dilepas. Seperti pagi tadi, karena posisi dia masih duduk di atas si potty, saya bisa abadikan dengan video berikut.



Sementara untuk Sp, alhamdulillah dia konsisten dengan urusan pencucian botol. Selain menyiapkan kebutuhan sendiri juga mencuci si botol setelah dipakai.  Siangnya ada kelas di luar dia sudah siapin botol minum dan sepulang dari les dia langsung cuci botol minumnya.

Ada kejadian lucu kemarin sore pada saat keluar rumah dia gak mau bawa botol minum. Saya tanya kenapa? mami aja bawa botol minum, kenapa kamu gak? Jawabannya itu yang bikin saya ketawa. “I drank a lot water today, so just in case i was thirsty, you didn’t mind sharing your water with me, right?"
Ketahuan kalau pulang telat dia males nyuci sepertinya.

#gamelevel2 #melatihkemandirian
 #kuliahbunsay #IIP


Tulisan lainnya:
Melatih Kemandirian Anak hari ke-3




Comments

Popular Posts