Melatih Kemandirian Anak hari ke-5



Memasuki hari kelima untuk toilet training Sn, alhamdulillah sudah mengerti kalau mau pipis dia akan duduk di potty.  Hanya dia belum bisa melepas pakaian dalam sendiri.  Sengaja selama toilet training saya memilih baju sederhana yang bisa mempermudah dia untuk melepaskan baju dalamnya.
saat ini dia sudah bisa memakai baju dalam sendiri tidak mau dibantu. Tapi untuk melepas belum bisa, masih harus dibantu.

Setiap saat ditanya mau pipis gak, dia selalu jawab gak.  Bila berkali ditanya dia memperlihatkan muka tidak senang sambil bilang, “Nakal…., mami nakal”.  Alhasil disaat dia duduk di potty dia masih mengenakan pakaian dalamnya.  Selesai melaksanakan hajat dia akan ngasih tahu kalo dia baru pipis. Semoga di saat  berumur 3 tahun nanti, Sn sudah tidak punya masalah lagi dalam toilet training. In syaa Allah.

Seperti yang sudah dibahas dalam materi Melatih Kemandirian Anak di Institut Ibu Profesional, kunci orangtua dalam melatih kemandirian anak di usia 3-5 tahun adalah sbb :

  • Membersamai anak-anak dalam proses latihan kemandirian, tidak membiarkannya berlatih sendiri.
  • Mau repot di 6 bulan pertama. Bersabar, karena biasanya 6 bulan pertama ini orangtua mengalami tantangan yang luar biasa.
  • Komitmen dan konsisten dengan aturan
  • Hargai keinginan anak-anak
  • Jangan buru-buru memberikan pertolongan
  • Terima ketidaksempurnaan
  • Hargai proses, jangan permasalahkan hasil
  • Berbagi peran bersama anak
  • Lakukan dengan proses bermain bersama anak


Sementara untuk Sp, si sulung. Kemarin malam dia sebelum tidur dia melapor, bahwa dia sudah siapkan semua peralatan dan keperluan sekolah termasuk botol minum yang sudah dicuci sudah masuk dalam tas sekolah.

Ketrampilan-ketrampilan dasar yang harus dilatihkan untuk anak seusia Sp ini adalah sebagai berikut:
1⃣Menjaga kesehatan dan keselamatan dirinya
2⃣Ketrampilan Literasi
3⃣Mengurus diri sendiri
4⃣Berkomunikasi
5⃣Melayani
6⃣Menghasilkan makanan
7⃣Perjalanan Mandiri
8⃣Memakai teknologi
9⃣Transaksi keuangan
🔟Berkarya
Dari ke sepuluh daftar diatas, alhamdulillah hampir semua sudah dikuasai oleh Sp.  Hanya tinggal konsistensi yang harus dilatih.  Untuk poin kesatu dan ketiga yang  harus diperhatikan karena aktifitas tersebut merupkan kelemahan Sp saat ini.


Sebagai orangtua dalam melatih kemandirian anak di usia sekolah adalah Jangan mudah iba dengan beban sekolah anak-anak sehingga semua tugas, serta mengenalkan kesepakatan, konsekuensi dan resiko.  Dan tiga hal yang diperlukan secara mutlak di orangtua dalam melatih kemandirian anak adalah :
Konsistensi
Motivasi
Teladan
Materi selengkapnya disini…

Comments

Popular Posts