Belajar Bersama


FamilyProject#2; #Harike-6; #TantanganFamilyProject;, #Gamelevel3, #MyFamilymyteam; #BundaSayang, #IIP




 

Kemarin sore nemanin neng Sp nerima tropfi dan sertifikat tanda kelulusan dari les abacus yang diadakan oleh Root Academy of Mathematics. Alhamdulillah bisa menyelesaikan sampai tingkat akhir setelah hampir lima tahun bergabung.  

Memang terasa lama karena lesnya hanya diadakan seminggu sekali selama dua jam. Pengajarnya sekaligus pemilik tempat les tersebut. Sebagai pengajar yang berpengalaman, dia tidak hanya memberi perhatian lebih juga sangat sabar terhadap anak-anak. Selama hampir lima tahun nggak pernah dengar Sp mengeluh karena dua jam belajar matematika! 

Setiap ada PR, orangtua dilarang ikut membantu. Jadi dia bisa tahu sejauh mana si anak mengerti pelajaran itu. 

Selama satu tahun pertama setelah lulus, dia memberi kesempatan kepada semua muridnya untuk datang satu kali sebulan. Selama satu jam untuk ikut kelas berlatih bersama  agar tidak cepat lupa metodenya. Semua ini gratis! Satu jam sebulan sekali selama setahun lho. Kelihatan mengajar adalah benar-benar passion bagi dia.

Hal positifnya bagi anak, jadi suka dengan pelajaran matematika. Dorongan semangat dari sang guru membuat Sp penuh percaya diri. Dalam perjalanan pulang, Sp bilang dia bisa nguasai abacus, berarti bisa juga untuk pelajaran yang lain. Mami langsung melayaaaang dan gak mau sia-siakan kesempatan mood anak yang lagi bagus. 😀

Saya bilang,  "Berbagi ilmu, mengajari teman atau saudara akan membuat kita lebih menguasai pelajaran tersebut. Tidak akan mudah lupa. Terus bagaimana dengan pelajaran bahasa Cina kamu? Kamu bisa coba lho, ngajarin mami. Sedikitnya nambah kosa kata deh."

Sejenak gak ada respons. Kayanya lagi mikir.  Karena dari empat mata pelajaran inti yang Sp pelajari, yang paling lemah adalah bahasa Cina. 

"Pas kamu lagi belajar mempersiapkan spelling. Gimana kalau spelling list kamu jadi kosa kata mami? Tapi mami gak ikutan nulis kanjinya ya. Kan selama ini kamu selalu bilang intonasi mami suka salah. Itu tugas kamu yang betulin."

"Deal! Suaranya ceria sekali kedengarannya.

Sampai di rumah dia ambil Chinese spelling list. Dia tulis di buku kecil lengkap dengan terjemahan dalam bahasa Inggris. Semangatnya itu lho saya suka.

Spelling diberikan setiap seminggu sekali. Jadi untuk proyek keluarga kedua ini akan berdurasi lima hari, sesuai dengan jumlah hari bersekolah dalam seminggu. 

Sebelumnya saya sudah mempersiapkan dua proyek keluarga untuk tantangan 10 hari di bulan ketiga kelas Bunda Sayang ini. Tapi karena ide diatas disambut dengan baik oleh Sp. Bahkan langsung eksekusi dengan muka sumringah. Jadi dua proyek yang saya persiapkan in syaa Allah bisa dilakukan di lain kesempatan. Apalagi belum sempat dibicarakan dengan anggota keluarga, hanya baru berupa catatan.


 


Comments

Popular Posts