Melatih Kemandirian Anak hari ke-7


Hari ini akhir pekan pertama dari program one week one skill dalam melatih kemandirian anak di kuliah bunda sayang IIP. 

Alhamdulillah satu minggu berlalu tanpa drama.  Untuk neng Sn toilet training sudah tidak perlu diingatkan lagi duduk di potty kalau ingin buang air kecil. Sesekali mau duduk di toilet tanpa protes. Sampai sore ini hanya dua pakaian dalam yang basah dia duduk di potty tanpa mau melepas😀. Setidaknya tidak ada lagi genangan air di lantai.

Untuk neng Sp. Semalam kita berdua ngobrol tentang kemandirian dan chores chart. Memberitahu
dia bahwa semua aktifitas yang menunjang kemandirian dia sebagai anak yang akan segera berumur 10 tahun sudah dikuasai. Tinggal melatih untuk bisa  konsisten. 

Menurut ustad Felix Siauw di bukunya yang berjudul How to master your Habits, semua aktifitas yang dilakukan berulang akan menjadi habit. Dan kita harus mempunyai kemampuan membentuk habits baik yang kita perlukan dalam hidup.

 Karena aktifitas yang sering diulang (sudah menjadi habits) dan dilatih akan menjadi keahlian. Jadi bila kita  fokus pada mengulang dan melatih aktifitas baik, disini ya aktifitas sesuai dengan chores chart. Kita akan berhasil membentuk habits baik.
Sebaliknya, hati-hati bila kita seringkali mengabaikan aktifitas yang seharusnya kita lakukan.  Karena bila diulang terus maka akan menjadi habit buruk!

Kembali pada pengenalan chores chart sama Sp. Untuk menjawab rasa penasarannya, saya ijinkan dia untuk mencari contoh-contoh chores chart yang dia suka.

Saya pikir dia akan suka dengan chores chart yang dipenuhi gambar atau tempelan sticker, karena sebelumnya dia selalu bilang suka menggambar. Ternyata dia malah pilih chores chart yang menggunakan batang es krim. 




Aktifitas-aktifitas dituliskan di batang es krim.  Selain itu dia harus menyiapkan tiga jar/botol untuk mengelompokkan tiga batang es krim tersebut. 
To Do; Done; Not for Today.

Sebelum tidur dia akan mengelompokkan batang es krim berisikan aktifitas yang harus dikerjakan besok ke dalam botol To Do.

Setiap satu aktifitas selesai dilakukan, dia akan menyimpan batang es krim dengan label aktifitas tersebut di botol Done👍🏼

Saya membantu mengelompokkan aktifitas harian dan mingguan.
Aktifitas mingguan seperti nyetrika baju, membereskan kamar sendiri, masak nasi dan membantu saya masak.

Sampai sore ini, semua tugas dan tanggungjawab dia lancaaaar tanpa perlu diingatkan. Masih sempat coba-coba membuat slime. Meski gagal untuk kedua kalinya, mukanya tetap ceria karena dengar bel pintu bunyi!😀 Temannya ngajak main ke luar. 

In syaa Allah bisa konsisten dan sesuai dengan apa yang direncanakan. Aamiin.

#gamelevel2
#melatihkemandirian
#kuliahbunsayiip

Comments

Popular Posts