Melatih Kemandirian Anak hari ke-8


What a long day!
Di hari ke delapan, gak seperti hari-hari sebelumnya.  Baru bisa menuliskan aktifitas anak-anak setelah lewat jam 21.00. 

Memasuki hari pertama di pekan kedua pada program one week one skill, saya mengenalkan aktifitas baru dalam melatih kemandirian pada si bungsu Sn. Minum air di gelas! Mungkin kalau teman saya yang baca tulisan ini akan bertanya-tanya, masa anak udah hampr tiga tahun baru mau diajarin minum di gelas 😀

Sebelumnya saya juga pernah mengajarkan Sn minum di gelas tapi tidak berlanjut, hanya sekedar mengenalkan.
Sejak usia delapan bulan, saya membiasakan Sn bahkan dulu juga si sulung Sp, untuk memakai botol yang ada sedotannya. 

Di awal-awal, saya mengenalkan kata minum juga air sambil memberikan botol minum tersebut. Jadi si anak tahu kalau dia pegang botol itu dia sedang minum.

Terus berlanjut.... saya selalu menyimpan botol minum di sekitar anak bermain. Dan selalu memastikan si botol minum terisi lebih dari setengah. Dengan mengingatkan untuk minum, akhirnya lama kelamaan si anak pun tahu kalau rasa haus datang dia akan minum sendiri. Terkadang dia memanggil saya hanya untuk memberi tahu dia sedang minum kadang juga tidak. Selain membiasakan diri untuk minum sendiri juga saya bisa mengontrol berapa banyak si anak minum air dalam sehari. Berbagai botol saya gunakan sesuai dengan umur si anak, jadi tidak hanya botol yang pakai sedotan.



Ketika mereka beranjak di usia masuk Sekolah, di rumahpun saya tetap menggunakan botol minum. Selain lebih mudah mengontrol asupan air minum perharinya juga menghemat cucian gelas 😀.

Jadi melatih Sn untuk bisa minum di gelas tanpa bantuan dan tanpa menumpahkan air, hanya sebagai menguasai satu skill ketika berada di luar rumah.  Hari ini saya memberikan gelas kecil berisikan air setengahnya. Saya perhatikan tidak ada air yang tercecer, pakaian tidak basah. Dia menghabiskan setengah gelas air dengan tiga kali minum. Dia menyimpan gelas tersebut di meja yang sama tempat dia main dollhouse. Gak ada kejadian gelas tersenggol 👍🏼

Sementara untuk Sp, saya sempat berpikir tidak akan banyak aktifitas dari chores chart yang bisa dilakukan, karena hari ini dia ada field trip di sekolah. Pulang dari sekolah sampai rumah lebih dari jam lima sore.  

Menghampiri saya yang sedang menyiapkan makan malam di dapur. Dia bercerita serunya field trip ke Science Centre. Melihat saya sedang mencuci beras, dia bilang, "Sudah lama aku gak masak nasi, sini aku yang masak nasinya."

Dalam pikiran saya, "Good, satu aktifitas chores chart mingguan sudah dilakukan tanpa diminta".

Masih di sela-sela bercerita, dia pergi ke ruang cuci sambil angkatin kaus kaki dia dan bapaknya yang sudah kering, melipatnya rapi. Ahoy I'm happy mom at the moment.

"What do you think? I am good, right? Done all these things without being told." Dia bilang sambil pasang muka senang juga menggoda.

"Oh yeah.... mami seneng banget. Kamu pulang sore, cape pastinya.  Tapi kamu masih bisa cuci tempat makan siangmu, langsung minum susu, ngerjain beberapa tugas di chores chart lagi.  Kamu TOP sayang."

"Oh ya, guru matematika aku juga ngasih pr online. Terakhir ngerjain boleh sih 10 Maret nanti, tapi aku mau ngerjainnya hari ini setelah shalat maghrib."

"Yakin gak cape? Besok malam setelah playdate, juga bisa kamu kerjakan."

"Gak, aku mau ngerjain ntar malam."

Daaaaan belum juga masuk waktu isya....  si eneng tertidur di atas kertas soal-soal PR Matematika yang baru dia print. 😀



#gamelevel2
#melatihkemandirian
#kuliahbunsayiip


Comments

Popular Posts