Melatih Kemandirian Anak hari ke-9

Hari kedua di pekan kedua dari one week one skill buat neng Sn lancaaaaar..... Ini kelebihan melatih aktifitas kemandirian pada anak di usia yang lebih tua dari seharusnya.  Karena sistem motoriknya sudah siap, dengan membersamai saat mengenalkan aktifitas kemandirianpun menjadi lebih mudah dan cepat. Alhamdulillah.


Pada saat air minum di gelas habis, tanpa minta tolong, dia ambil botol minum di dapur dan menuangkan airnya ke gelas. Saya hanya mengikuti semua yang dia lakukan dari ruang tengah.  Senang melihat dia berinisiatif menambah air minum di gelas kosongnya. 

Dia teriak memanggil saya, "Mommy...mommy, I'm wet.... wet...".

Melihat dia sedang duduk di lantai, menuangkan semua air dari botol seukuran 500 ml ke dalam gelas kecil.  Air luber membasahi lantai dan baju Sn.

Sebenarnya pagi itu kita berdua sudah  bersiap pergi keluar rumah untuk pengajian. Jadi karena insiden air tumpah itu lupa mendokumentasikan momen tersebut.  Hanya bisa mendokumentasikan barusan saat Sn minum dari gelas sebelum tidur.



Untuk Sp, sepulang sekolah dia langsung shalat dzuhur dan makan siang. Di saat makan siang dia cerita nanti sore teman sekelasnya yang hari ini tidak masuk sekolah akan ke rumah ngambil PR matematika.  Saya bilang bagaimana bisa, kan kita mau pergi playdate sampai jam 6 sore.

Saya bilang, "Keberatan  gak kalau teman kamu ngambil PR nya tanpa ketemu kamu? Misalnya kita simpan di depan pintu rumah? Kalau teman kamu gak keberatan.  Mami siapin semuanya, kamu siap-siap mandi dulu."

"Gak usah. Aku bisa urus semua. Aku mau kirim pesan ke Iz, temanku. Aku gantungin tas kertas isi PR nya di pintu. Aku foto posisinya terus aku kirim fotonya ke temenku. Simple kan?"

Fuuuiiih.... hampir aja saya mengerjakan sesuatu yang sebetulnya bisa dilakukan Sp. Saya sadari selain under estimate terhadap Sp.  Saya juga sudah bertindak tidak sabar jadi ambil cepatnya aja, karena kita harus segera pergi ke acara kumpul-kumpul bersama teman.

Di saat saya memastikan semua aliran listrik dalam keadaan mati di setiap ruangan, Sp sudah menyiapkan botol minum untuk dia dan adenya. Juga menyiapkan sepatu buat si ade.
Alhamdulillah..... she's a big and responsible girl. 


#gamelevel2
#melatihkemandirian
#kuliahbunsayiip

Comments

Popular Posts