Tersendat

#FamilyProject2; #Harike-9; #TantanganFamilyProject; #Gamelevel3; #BundaSayang; #IIP

 
Bermain sambil mengenal huruf 

Masuk hari kedua untuk peoyek keluarga neng Sn. Agar tidak bosan belajar menulis dan mengenal huruf. Saya siapkan batang es krim sebagai alat peraga. Pilihan huruf bukan saya yang menentukan, tapi mengikuti kemauan Sn.  

Awal pengenalan abjad dilakukan lebih awal melalui nursery rhymes. Saat ini Sn sudah bisa menuliskan beberapa huruf dan nomor tanpa dibantu. Semua berawal dengan menggambar lingkarsn dan garis lurus. Setelah dia bisa menggambar lingkaran dan gatis. Perlahan saya kenalkan huruf-huruf yang merupakan gabungan daei lingkaran dan garis seperti o, b, d, p.  Sampai suatu hari dia memperhilatkan pada saya, dia sudah bisa menulis x, y, v. Dia berkali-kali menyebutkan huruf z. Minta diajarkan cara menulis huruf tersebut. 

Pas ditanya gimana nulis huruf a? Dia mengacuhkan pertanyaan saya. Malah menuliskan angka 1,2 & 3. Minta dicontohkan gimana menulis angka 4😀

Sementara untuk buat si sukung, neng Sp. ini merupakan hari ketiga proyek keluarga. Saat diajak menggarap proyek hari ini keliatan menghindar dengan alasan, mau ngerjain PR  Matematika. 

Saya mencoba untuk belajar sendiri sebagai bekal untuk belajar bersama dengan Sp. Buka-buka text book, kamus dan coret sana sini.... dari sekian sepuluh kosa kata hanya lancar membuat tiga kalimat. Kamus tidak bisa membantu 😀 karena bahasa Mandarin memang tidak sederhana.  Gak salah masuk ke tiga besar bahasa asing tersulit untuk dipelajari. Gatot deh! Mesti cari ide lain jangan sampai hari ini proyek kedua neng Sp pasif. 

Malam ini, setelah makan malam dan shalat Maghrib. Sp menghampiri saya sambil membawa buku pinjaman dari perpus. 

"Mom, should we read this book together? So you could practise your tone."

"That would be great. Would be happy if we could translate the story into English."

Ah.... setidaknya bisa dikit-dikit mempraktekkan reading comprehension 😍

 

Comments

Popular Posts