Awal yang Baik

#FamilyProject2; #Harike15; #TantanganFamilyProject; #Myfamilymyteam; #BundaSayang; #IIP


Hari ke lima belas, hari terakhir dalam proyek keluarga yang saya lakukan. 

Si bungsu Sn makin aktif menemukan atau membentuk huruf-huruf abjad sambil bermain. Juga menggunakan mainan dan makanan. Siang tadi saya mengeluarkan flash card lama berupa abjad huruf besar dan kecil. Sn lebih cepat mengenal abjad huruf besar. Beberapa kali Sn mengucapkan abjad  huruf kecil yang tertukar f disebut t, d dan b. 

 
Bermain sambil belajar,  pegangan payung membentuk huruf J

Untuk neng Sp, hari ini mulai les dengan guru baru. Dia wanti-wanti agar saya tidak menceritakan kelemahan dan kekurangan dia dalam pelajaran bahasa Mandarin. 😀

Pertama kali mendapat guru les berusia setengah baya. Saya berharap pengalaman dia baik dalam mendidik anak maupun mengajar akan terasa lebih sabar. 

Diakhir les, guru menyampaikan berapa banyak dia memberi PR. Dia juga menuliskan daftar PR, untuk melihat apakah  Sp mengerjakan PR atau tidak.
Juga untuk memperkaya kosa kata dengan mengenalkan satu kata dan pengembangannya yang memiliki arti berbeda dari kata awal. Ini salah satu yang membuat bahasa Mandarin agak rumit.

Setelah mandi dan shalat asyar, Sp semangat langsung mengerjakan PR. Dia minta inin menggunakan smartphone untuk mencari kosa kata yang tepat. Dia bilang, "Aku suka dengan guru les ini, mami. Tahu gak gimana dia tahu kelemahanku? Selain bertanya langsung dia juga minta aku ngeliatin soal ujianku tahun lalu. Dan selama pelajaran kita bicara pake bahasa Mandarin, kecuali aku gak bisa. Baru pake bahasa Inggris.

Alhamdulillah, proyek membangun motivasi neng Sp dalam belajar bahasa Mandarin berhasil. Saya tetap harus belajar lagi tentang bahasa Mandarin, biar lebih mudah untuk memberi dorongan semangat. Dan kepada mas bojo untuk  lebih sering menggunakan bahasa Mandarin saat berkomunikasi dengan Sp.

 
Tanpa diingatkan, semangat mengerjakan PR


Comments

Popular Posts