Berbagi Pengalaman Aliran Rasa #2

Berbagipengalaman; PertukaranPelajar; BundaSayang; IIPBandung-ASEAN


 



Jumat, 31 Maret ini, saya terpilih mewakili group kelas Bunda Sayang korwil 7 yaitu kota gabungan, Asean dan Non Asean untuk berbagi pengalaman dengan Kelas Bunda Sayang IIP Bandung. 


Sebenarnya pas dengar akan ada pemilihan pelajar terbaik. Saya pribadi ngerasa gimanaaaaaa gitu  πŸ˜

Karena semua tantangan 10 hari dari setiap materi harus dituangkan dalam tulisan. Dan tiap pelajar/member memiliki keunikan tersendiri, ada yg pinter menulis, ada juga yang kurang cakap menulis... Jadi menurut saya akan sulit mencari yg terbaik.


Kecuali untuk mencari peserta/member yg konsisten dan komit dengan aturan tantangan10hari dari berbagai game level di kelas BunSay, ini lebih mudah dengan melihat dari rekapan tulisan.


Ini tulisan Aliran Rasa #2 yang saya share; dilanjut dengan tanya jawab selama 30 menit.


Sonia: Nah, itu diaa, boleh dong mba berbagi tips agar bisa konsisten dan komit dengan aturan 10 harinya..saya mah ngos2an πŸ˜‚


Jawab: selain materi yg kita terima di kelas Matrikulasi tentang manajemen waktu. Peranan asisten itu penting mbak. Saya punya asisten keren & pintar. Saking pintarnya saya mesti hati-hati. Karena kalau gak justru saya terjebak tidak jadi manusia produktif. Asisten saya sama dengan asisten orang kebanyakan, yaitu smart phoneπŸ‘ŒπŸΌπŸ‘πŸΌ


yesi: Waduh, saya nyaris kejebak tadi, menunggu siapakah asisten keren tersebut 😁


Respons: 

Selain peran si asisten itu, yang utama emang niat.

Pas ikut kelas matrikulasi, beraaaat bgt rasanya karena saya tahu kelemahan saya itu nggak konsisten.

Jadi bagaimana mana bisa siap mendidik anak dan keluarga kalau gak diberesin dulu masalah di dalam diri.


Maka setiap terima materi baru di kelas BunSay saya langsung bikin rencana untuk beberapa hari. Harus setor tulisan! Konsisten dengan aturan yang diberikan oleh IIP.


Tentang perkembangan pada si anak/keluarga.... dalam pikiran saya itu masih bisa berlanjut setelah tantangan 10 hari selesai. Karena kalau hasil dari aktifitas hari itu tidak seperti yang diharapkan tentu kita kecewa dan akhirnya menurunkan semangat kita untuk menulis, (jangan dicontoh kalau terkesan negatif ya buibuuuuπŸ™ˆ).

Jadi ketika tantangan 10hari selesai/lewat. Saya akan mengulang lagi setiap hari semua kegiatan yg sudah ditulis dalam tantangan. Karena mendidik dan melatih anak mandiri tentu tidak cukup dalam waktu sesingkat 10hari. Yang  penting prosesnya....  kalau konsisten dan caranya sudah benar,  hasil baik akan diraih; it's just a matter of time


Sonia: Wih, menarik mba, smartphone nya bisa jadi asisten, itu gimana maksudnya mba?

Hihi, idem teh yesi, saya juga penasaran sama asistennya..hihi


Jawab:

semuanya dioptimalkan pake HP mbak. Sebagai contoh:

✅setor tulisan tantangan10hari, ngeblog di HP

✅buat daftar belanjaan di HP

✅bayar transaksi-transaksi di HP

✅belanja pun sering onlineπŸ˜€

✅Silaturahmi dgn teman dan sodara di HP

^Jadi dengan adanya si asisten ini, saya jarang keluar rumah πŸ˜€Nikmati hidup di rumah tapi in syaa Allah pengetahuan up dated, hubungan dengan saudara & teman tetap terjaga baik.  

Alhamdulillah semuanya jadi handy dengan si asisten itu.


Saya pernah diketawain sama temen wni disini. Masa bayar pesanan dari tanah air sebesae $20-25 aja pake transfer di internet banking πŸ˜€

Saking betah tinggal di rumah. Pas keluar rumah lupa gak punya uangπŸ™ˆ


Tapi pernah juga malu karena semuanya pake jasa asisten satu ini. Ketahuan kapan ya terakhir pegang laptop/PCπŸ™ˆ. Saya pernah ada masalah dengan HP untuk merekap tulisan temen-teman sekelas. Koordinator Bulanan sarankan saya buka pake Laptop atau PC.

Dan dengan tanpa malu saya bilang. "Aduh mbak.... laptop saya jadul gak punya program excel. Fungsi laptop hanya dipake si sulung kalau ada PR online dari sekolah. Kalau PC saya, emang sih sok keren kedengarannya. Pake Apple tapiiii... sama juga ga punya program MS office, jadul dan lemot." πŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆ


Winny: Bagaimana bentuk case study untuk si bungsu?

Btw boleh tau berapa umur si bungsu, teh?


Jawab:

Si bungsu Sn baru tiga tahun.

Case study untuk si sulung & bungsu sama aja. Melihat apa yg terjadi di sekitar (anak temen, anak sodara dll).

Bedanya untuk si kaka karena pertengahan tahun ini akan berumur 10 tahun. Maka diajak diskusi setelah diceritakan masalahnya. 


Dengan  case study ini justru kita in syaa Allah selangkah di depan untuk menghindari kejadian yang sama terjadi pada anak kita. 


Annisa: Nah ini banget teh, keutungan smartphone emang sebanding dgn godaan nya ya, salah2 malah asik seliweran browsing sana sini πŸ™ˆ

Yesi: Bener bingit teh... 

Malah bisa melipir kemana-mana kalau sudah browsing πŸ™ˆπŸ˜±


Jawab:

Kalau masih melipir-melipir begitu, mbak bisa bikin jadual megang HP lengkap dengan aktifitas yang harus dilakukan.

Saya sering set Hp ke do not disturb, kalau pas lagi lengang (gak perlu pegang HP). 

Jadi Hp tetap nggak bunyi/bergetar kalau ada sms, whatapp ataupun telp masuk. Itu bisa membuat kita lupa sama HP.

Untuk emergency, biasanya mas bojo suka telp rumah kalau istrinya gak bs dihubungi di HPπŸ˜€


Annisa: Mau tanya management gadget nya untuk teh sendiri dan anak gimana teh?


Jawab:

Ini terdengar buruk ya bagi ortu yg melarang anak-anaknya main gadget . 

Jadi kalau saya, ortunya aja lengket sama Hp, ya anak-anaknya juga pastilah....πŸ˜€

Iya betul anak-anak saya sudah sempat ketagihan gadget. apalagi bapaknya 'kebaikan'πŸ˜€sering ngasih gadget biar anak-anaknya anteng.


Jadi kalau anak udah megang gadget, saya kasih kesempatan 30-45menit. Terus saya ambil. Si sulung udah ngerti. Si bungsu? nangis? Biarin gak apa... mau nangis ya biarkanlah dia nangis πŸ˜€


Saya akan alihkan dia dengan mengajak main. Kalau dia gak mau juga dan tetap nangis, Saya akan bilang, "Ya udah kalo mau nangis. Nangis dulu, mami nunggu di sini. Nanti samperin mami kalo udah mau main."

Terus saya lanjut menjauh dari dia. Nggak lama pasti dia akan ngajak main meskipun masih sesegukan. 


Saya tidak tahu ini bertentangan atau tidak dengan cara didik IIP.

Ini saya dapatkan dari parenting course di sekolah si sulung. Membiarkan anak nangis seperti itu ada bagusnya. Karena itu melatih si anak untuk manage emosi dia.  Bila kita sedikit-sedikit menghibur anak agar segera berhenti menangis dengan mengiming-imingkan sesuatu. Maka si anak tersebut tidak akan belajar mengatasi krisis pada dirinya sendiri. 


Terima kasih kepada tim fasilitator korwil 7 dan IIP Bandung yang sudah memberi saya kesempatan berbagi pengalaman. Saya masih jauh dari baik. 


Terima kasih Institut Ibu Profesional yang telah menginspirasi dan membantu saya untuk berusaha keluar dari zona nyaman saat ini.


Hoo Haa...!!


 






Comments

Popular Posts