Menyusun Puzzle

#Harike11; #Gamelevel4; #MemanduGayaBelajarAnak; #BundaSayang; #IIP


Makin menggali informasi tentang Sensory Integration* makin tertarik dan merasa tertantang dalam membersamai anak-anak beraktifitas, 

Ada perbedaan makna antara Membersamai anak- anak dengan bersama anak-anak. Membersamai anak-anak adalah berperan aktif atau terlibat langsung dengan aktifitas anak-anak.
Sedangkan bersama anak-anak, hadir atau berada di sekitar anak, tanpa berperan aktif.

Dengan membersamai anak,  kita secara langsung melatih dan menstimulus anak-anak hingga kita bisa mengetahui gaya belajar anak.

Untuk anak-anak belia dibawah lima tahun, adalah masa dimana proses yang terjadi masa perkembangan bicara dan bahasa, pembentukan persepsi visual, penguasaan tingkat persepsi yang lebih tinggi, merasakan benda melalui menyentuh, memegang, dan menggerakkannya, serta masa berkembangnya koordinasi mata-tangan. Hal penting yang harus diperhatikan dalam perkembangan bicara dan bahasa adalah, kemampuan bicara dan berbahasa tidak terjadi begitu saja. 

Banyak orangtua yang mengurangi anak-anaknya menonton televisi. Tidak berlaku buat saya. Saya mengijinkan anak-anak nonton tv, termasuk si bungsu Sn (3 tahun).  Mulai nursery rhyme sampai cerita di disney atau nick junior.  

Bergantian antara membersamai dan bersama anak.  Kita tahu kekurangan dari menonton tv adalah komunikasi satu arah. Maka dengan adanya membersamai itu akhirnya kita bikin jadi komunikasi dua arah. Si anak menggunakan kemampuan komunikiasinya secara visual dan auditori di saat menonton tv. 

Kemudian disempurnakan oleh kita dengan mengulang-ngulang apa yang sudah dia tangkap
saat menonton tv. Maka lengkaplah kita melatih kemampuan komunikasi anak. Visual, Auditori serta Kinestetik. Kita bisa melakukannya di rumah ataupun di alam terbuka. 

Jadi siapa yang melengkapi? Siapa yang membuat anak terlatih lengkap secara visual auditory dan kinestetiknya? Kita sebagai orangtua. TV hanya sebagai media. Peran dan kontrol kita sebagai orangtua yang membuat tv sebagai media yang memberi pengaruh baik atau buruk.

Hari ini membersamai Sn dengan permainan puzzle. Melatih secara visual. Disaat sedang menyusun puzzle sesekali Sn melihat ke arah tv yang sedang berlangsung acara favoritnya. 

Tidak tetap konsentrasi menyusun puzzle, hal yang merupakan salah satu ciri orang yang memiliki gaya belajar auditori. Berbeda dengan Sp. Di usia yang sama dia akan tetap fokus dan konsentrasi saat sedang menyusun puzzle. Gaya belajar Sp adalah kombinasi Visual dan Kinestetik. Tapi tetap Visual yang mendominasi.


 
Sienna menyusun puzzle


*Sensory Integration 
Penjelasan lebih jauh tentang Sensory Integration bisa dibaca pada tulisan saya disini.

Comments

Popular Posts