Mengerti prioritas

#FamilyProject2; #Harike13; #TantanganFamilyProject; #Gamelevel3; #BundaSayang; #IIP


Masuk hari ke tigabelas peoyek keluarga #2, sebenarnya saya lagi mikir-mikir reaksi neng Sp. Di satu sisi greget dengan jadual guru les yang terus diundur sampai satu minggu. Di sisi lain bagaimanapun saya sebagai pendaping dinrukah harus aktif juga mengerti bahasa Mandarin yang merupakan mata pelajaran tidak diminati neng Sp😊 Suami selalu bilang bersyukur dengan nilai yang diraih Sp, karena bahasa Mandarin bukan bahasa yang mudah dipelajari. 

Jangan salah mengerti dengan apa yang saya inginkan terhadap Sp dengan pendapat mas bojo diatas. Saya tahu Sp anak yang cepat mengerti ketika belajar sesuatu. Kebiasaan dia yang suka last minute untuk mengerjakan sesuatu. Selama ini dia bisa catch up dengan cepat, mempersiapkan diri menjelang ujian di sekolah. Tapi untuk bahasa Mandarin yang merupakan mata pelajaran ang tidak dia minati, bukan hal yang mudah untuk memakai sistem kebut sehari! 

Saya berusaha untuk tidak menjadi orangtua kiasu, yaitu menuntut nilai anak bagus dengan menjejalkan jadwal les padat. Kekhawatiran saya lebih kepada untuk mempersiapkan Sp dengan tekanan kurikulum sekolah di sini saat dia kelas 5 nanti. Bermain aktif bersama teman di luar rumah masih tetap dilakukan tapi juga harus mulai membiasakan diri untuk mengulang pelajaran dan latihan di rumah. 

Hari ini sepulang sekolah, tidak seperti biasanya dia sudah punya rencana. 
"Mom, hari ini aku mau belajar bahasa Mandarin sendiri. Aku sudah siapin semua daftar spelling dengan tulisan pinyin. Aku kerjain dgn ngeliat tulisan pinyin, jadi mami gak perlu bacakan. Cukup periksa aja nanti setelah aku selesai. Dengan begini aku bisa lebih selesai latihannya. Aku pengen buat kerajinan tangan dari icecream sticks. Setelah selesai bikin kerajinan aku bisa lanjut latihan untuk Spelling bahasa Inggris juga. Mami bisa lamgsung test aku. Boleh kan? Please...

Terus kalau sudah begini gimana? Dia sudah menyusun rencana dengan prioritas yang sudah betul. Dan semuanya dia lakukan dengan semangat dan merupakan ide dia sendiri. Masa harus saya protes dan merusak mood baik dia. Yang ada saya memang harus lebih giat lagi belajar bahasa Mandarin.

 
Tetap diprioritaskan karena tahu lemah dalam bahasa Mandarin



 
Ingin mencoba hal baru, tidak menggunakan kardus tapi menggunakan icecream sticks


Semenatara untuk neng Sn, dia tetap semangat dengan pengenalan huruf. Saya tetap mengikuti kemauan dia memilih huruf mana yang mau ditulis atau dibentuk dengan maian yang ada. 
Hari ini semangat duo S imbang, sama-sama bersemangat tinggi dengan proyek keluarga. Sebagai Koordinator proyek saya menemani dan memastikan semuanya masih berada pada jalur jalannya si proyek.😊 Im happy mama.


Comments

Popular Posts