Aliran Rasa #4






Tujuan belajar adalah meningkatkan rasa ingin tahu, meningkatkan daya kreasi 
dan imajinasi,
 mengasah seni/cara anak agar selalu bergairah untuk menemukan hal baru serta meningkatkan akhlak mulia atau noble attitude.


Setelah 15 hari membersamai aktifitas anak-anak, bisa disimpulkan Sp memiliki gaya belajar Visual kombinasi Kinestetik. Dengan Visual yang mendominasi. 

Sementara untuk Sn, karena usianya masih 3 tahun akitifitas membersamai dia lebih cenderung untuk menstimulus modalitas VAK. 
Dengan demikian saya memberikan kesempatan Sn mengenal berbagai gaya belajar. Meskipun anak-anak dibawah umur 7 tahun masih berubah-rubah dan lebih cenderung dengan modalitas Kinestetik.

Mengingat tujuan belajar adalah meningkatkan rasa ingin tahu, meningkatkan daya kreasi dan imajinasi, mengasah seni/cara anak agar selalu bergairah untuk menemukan hal baru serta meningkatkan akhlak mulia.

Semua bisa tercapai bila kita sebagai orangtua sekaligus guru bagi anak-anak dalam universitas kehidupan ini mampu mendidik dengan fitrahnya.


 

Dan untuk melakukan itu tidaklah mudah. Selama 10 hari nonstop saya membersamai Sp. Ketika saya konsisten membangun komunikasi produktif selama membersamai. Tanpa terasa beberapa kali saya melihat Sp menemukan "moment aha!-nya". Meningkat daya imajinasi dan kreasinya. Bagaimana nggak bahagianya saya saat itu. Apalagi moment aha!-nya itu berkaitan dengan masalah kedisiplinan. 

Tapi ketika saya mengawasi perkembangan itu tanpa diikuti komunikasi produktif lambat laun gairah Sp dalam menemukan cara-cara baru atau creative imagination menurun.

Disitu saya sempat kecewa pada diri saya sendiri. Sebelum lebih jauh kehilangan gairah itu, saya kembali membangun komunikasi produktif dengan Sp. Saya juga lebih rajin surfing di internet untuk mendapatkan informasi yang sesuai dengan fase tersebut..

Sampai, akhirnya di minggu ke-empat dari materi #4 ini, tim fasilitator memberi informasi tambahan tentang Learn, Unlearn and Relearn.

In syaa Allah, dengan tetap membangun komunikasi produktif, harus optimis saya bisa membersamai anak-anak untuk memahami cara mereka belajar, sesuai dengan modalitas belajar masing-masing. Sehingga mampu mencapai tujuan dari belajar. Noble Attitude.



#AliranRasa

#MemanduGayaBelajarAnak

#BundaSayang

#IIP


Comments

  1. Gagasannya cemerlang Mbak kembangkan . . . Wach jadi ingat Bobby The Potter

    ReplyDelete
  2. makasih bunda, terasa ya ada kecenderungan ke curhat tulisan ini ��

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts