Bermain Congklak



 
Papan Congklak, ilustrasi dari google images


Congklak, permainan tradisional Indonesia yang hampir tidak dikenal oleh anak-anak sakarang. Saya ingat waktu masih duduk di Sekolah Dasar permainan congklak salah satu permainan favorit, disamping main Bola Bekels. 

Dulu waktu saya kecil, papan congklak saya terbuat dari kayu berwarna coklat muda, polos tanpa hiasan, tanpa ukiran. Saya menggunakan batu kerikil untuk biji congklak, karena saat ikut mama ke pasar, si abang penjual bilang sedang nggak ada stock papan congklak yang sudah satu set dengan kulit kerang.

Meskipun kurang keren karena tidak satu set, tapi saya senang banget punya papan congklak sendiri. Bisa ngajak teman main ke rumah. 

Sekarang saya suka melihat papan congklak yang  cantik. Mulai warna-warni, berukir sampai bermotif batik. Tapi ternyata cukup sulit mencari papan congklak demikian.

Beberapa tahun lalu, ketika teman saya dari Jakarta akan berkunjung. Saya pesan minta dibeliin papan congklak. Teman saya cerita sudah ngubek-ngubek beberapa pasar tradisional gak nemu. Sampai satu hari tanpa sengaja dia lihat abang penjual papan congklak di daerah Cileduk. Ternyata si abangpun hanya punya satu papan congklak terbuat dari plastik, plus biji congklaknya berupa kuling kerang yang terbuat dari plastik juga... Ok deeh tak masalah yang penting punyaaa

Alhamdulillah, bisa mengenalkan permainan favorit masa kecil sama si sulung Sp. Yang ternyata juga suka sama permainan congklak.

Beberapa minggu lalu saya melihat foto di media sosial teman sekolah saya sedang bermain congklak bersama anaknya. Saya langsung menghubungi dia. Dimana bisa beli papan congklak seperti itu? Bolehkah titip dipesankan? Pas mudik lebaran ketemuan dan bisa transaksi. Semoga teman saya berhasil mendapatkan papan congklak terbuat dari kayu dengan warna-warni jreng. Pas untuk mengganti papan congklak di rumah. Hampir bolong karena keseringan dipakai.

Dan di bulan puasa ini, untuk ngabuburit hampir setiap hari gak bosan main congklak sama si sulung Sp. 


 
Papan congklak di rumah terbuat dari plastik, bead warna-warni untuk craft dipakai sebagai biji congklak.

Comments

  1. Wah sangat menginspirasi blog nya sangat bangus dan kreatif jangan lupa mampir ke blog sayahttps://oldgame10.blogspot.com/2023/10/permainan-congklak.html

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts