Efek Positif Mudik

Siapa yang gak suka dengan suasana mudik. Dengar kata mudik aja sudah bikin semangat dan muka sumringah, membayangkan suasana ceria, ramai dan hangat kumpul bersama saudara dan keluarga. Baik yang sering maupun  yang jarang bertemu. Tidak jarang suasana mudik membuat ngiri orang-orang yang tidak punya kampung halaman. 

Lebaran tahun ini terasa spesial untuk saya dan kakak-kakak. Selain karena sudah lima tahun lebaran tidak kumpul lengkap, juga suasananya yang berbeda.
Biasanya setiap lebaran kita berkumpul di rumah mama, tahun ini kita berlebaran di rumah kaka. Alasan utama agar terhindar macet disaat anggota keluarga yang sudah harus kembali pulang mengakhiri masa mudik yang cepat karena kondisi tidak memungkinkan untuk berkumpul lebih lama.

Biasanya setelah shalat Ied, kita semua berkumpul di rumah kaka sulung mama. Dari mulai kaka adik (saudara kandung mama) sampai anak cucu dan cicit berkumpul. Agar tradisi tidak terkikis oleh jaman/masa kini. Semua anggota keluarga bersungkem, dari yang termuda kepada yang tertua. Usia bukan ukuran tapi posisi dalam keluarga yang menentukan tua dan muda. Disini kita sering bercanda, ada keponakan yang lebih tua usianya dibanding om. Ada juga keponakan yang seusia dengan tante. Daaaan diposisi sayapun sudah punya cucu! Seru.

Untuk tidak mengurangi suasana lebaran tahun ini. Maka setelah shalat sunnah Ied, kita berkunjung ke rumah kaka mama yang nomor tiga. Keluarga yang dikunjungi sangat menyambut karena biasanya kalau kita berkunjung pasti bukan dalam rangka lebaran. Jadi meskipun suasana baru dalam lebaran ini tidak menghilangkan inti bersilaturahmi dengan keluarga besar. Anak-anak dan keponakan-keponakanpun menikmati suasana lebaran tahun ini.

Kembali ke rumah pada H+3 sedikit berat meninggalkan  suasana hangat bersama keluarga tersayang. Tapi cukup surprise ketika tiba di rumah, unpack koper-koper dan bersih-bersih rumah yang sudah ditinggal beberapa hari. Tidak ada perasaan melo, malah ada semangat yang baru untuk bisa lebih baik lagi dalam mengatur waktu melakukan rutinitas sebagai ibu rumah tangga. 

Selama melakukan pekerjaan ekstra dari mudik, pikiran saya justru dipenuhi oleh ide-ide baru untuk memberikan suasana baru dalam rumah. Kembali ngorek-ngorek proyek yang beberapa saat terbengkalai. Alhamdulillah ini mungkin yang disebut efek positif mudik. 💝



Comments

Popular Posts