Kain perca dan proyek patchwork




Mempersiapkan potongan-potongan kain untuk proyek patchwork. Rencananya sih mau buat sarung bantal dengan satu sisi patchwork satu sisi tanpa patchwork. 


Kombinasi motif tidak jauh dari floral, polka dan bergaris halus. Sedangkan untuk warna ambil warna-warna cerah. Sebagian ada yang mendekati antar satu kain dengan kain lainnya, sebagian tidak alias kontras. 


Dalam membuat patchwork memang kita mempunyai keleluasan untuk mengkombinasi warna dan motif kain. Disitu kita bisa melihat mood si pembuat. Berani, kalem, beraturan atau tabrak sana sini, yang pasti apapun kombinasinya hasil patchwork selalu menawan. 


Kalau untuk campuran yang kalem dan beraturan udah pasti lebih mudah diterima. Sedang untuk motif tabrak sana sini atau warna kontras, akan tetap diterima. Kenapa? Biasanya karena terpengaruh oleh susunan pola patchwork yang berseni, sentuhan finishing special atau juga jenis quiltingnya.


Quilting, untuk proyek sarung bantal ini. Ide awal yang ada, saya ingin memakai 'not quite straight quilting'. Kebayangnya bentuk patchwork vertikal lurus dikombinasi dengan quilting yang vertikal juga tapi membelok-belok lugas tidak kaku, bisa memberi kesan manis buat si patchwork. 


Itu ide awal. Biasanya saat berkarya saya gak kaku. Bisa saja berkembang sesuai dengan ide saat mengerjakan proyek tersebut. Kecuali untuk craft pesanan ya. Itu pasti ikutin maunya yang pesan๐Ÿ˜


Kita lihat nanti bagaimana hasilnya si sarban. Yang pasti gak bakal dalam waktu dekat selesainya karena patchwork butuh ketelatenan dan ketelitian. Gak bisa asal disambi dengan ngasuh anak, apalagi anak balita ๐Ÿ’“

Comments

Popular Posts