Obrolan di Korwil 7: Terapi Syukur bersama Lila

Korwil 7 adalah group online Bunda Sayang, program dari Institut Ibu Profesional. Pesertanya merupakan gabungan beberapa kota di Indonesia dan Luar Negeri.



1. Pembicara:
Kali ini teman sekelas bernama lengkap Holilatul Maghfiroh, panggilan akrabnya Lila yang akan berbagi di kelas. Putri terakhir dari 3 bersaudara, jarak usia dengan kedua kakak cukup jauh, 10 tahunan.  Merasa seperti anak tunggal karena semua saudara sudah berkeluarga. 

Lila sangat bersyukur kepada  Allah SWT sudah jodohkan bertemu IIP sebelum bertemu jodoh hidup. Setidaknya dari IIP bisa ngintip kehidupan rumah tangga dari teman-teman seperti apa, cara ngatasi masalah.

Sebagai anak bungsu yang sejak kelas 6 SD sudah menjadi anak tunggal karena kedua saudara yg sudah menikah, hidup dengan kasih sayang yang sangat cukup bahkan 'tumpah ruah' dengan hadirnya nenek, kakek, nenek buyut dan saudara lainnya. Pas lagi mau masuk ke pondok pesantren semua pada ikut antar sambil nangis karena mau pisah. 

Di pondok pesantren juga sering dijenguk. Merasa orang paling bahagia dengan semua nikmat Allah itu, tapi ternyata nikmat itu juga ujian untuk manusia. Lila tumbuh menjadi anak manja, sampai akhirnya setelah satu tahun tinggal di pasentren, di usia 12 tahun, ibunda meninggal. Deg, kehilangan Ibu merubah kehidupan Lila seketika. Meskipun kasih sayang keluarga bertambah setelah itu, tapi Lila marah dengan ketentuan Allah. 
Mengapa saya? 
Mengapa Ibu saya? 
Mengapa harus saat masih 12 tahun? 

Semua pertanyaan itu membuat Lila hidup dengan kesedihan hingga dewasa. Sampai suatu hari mendengar ceramah Aa' Gym "Musibah itu seperti jerawat di muka kita, hanya secuil dari nikmat kesehatan wajah dan anggota tubuh yang lain, namun kita terlalu fokus dengan yang sedikit itu, dan lupa bersyukur atas nikmat sehat yang lainnya."
Serasa tertampar dengan ceramah ini. Merasa menjadi orang paling kufur atas nikmat-Nya.

Akhirnya Lila belajar untuk mensyukuri keadaan, namun kufur nikmat masih menjadi penyakit dalam hati. Hal ini yang membuat Lila bertekad untuk belajar bersyukur sungguh sungguh, sambil mencari cara-cara untuk bersyukur akhirnya nemu terapi syukur.  

Metodenya mudah, hanya menyebutkan minimal 20 nikmat Allah dari yang terkecil di pagi hari. Awalnya sempat menyepelekan. Kok ribet banget, dzikir pagi kan sudah cukup. Tapi karena pengen sembuh dari penyakit ini, akhirnya pun memaksa diri. Berat karena tidak bisa konsisten, tiap hari ba'da subuh jadwalin diri buat nyebutin nikmat-nikmat Allah, mulai dari nikmat bernafas, nikmat sudah bangun buat ibadah, pokok nikmat yang kecil-kecil yang kadang saya sering remehin ini. Awalnya tidak merasakan manfaatnya, tapi… tanpa disadari. Lila merasa hidup lebih legowo, lebih bisa menerima kenyataan hidup yang terjadi. Bahkan kalo lagi ada musibah yang datang masih bisa mesyukuri yang lainnya tanpa disengaja. 
Dan Alhamdulillah, akhirnya Lila bisa menerima kepergian Ibu, dan lebih enteng rasanya menjalani hidup tanpa harus bertanya-tanya karena ragu pada ketetapan Allah. Lila sekarang malah berpikiran seandainya Ibu masih ada,mungkin Lila sekarang tidak ada, hanya Lila anak manja yang nyusahin orangtua dan keluarga. 

Lila menyaradari selama ini telah salah fokus. Hanya fokus sama ujian Allah yang berupa musibah, tapi lupa kalo Allah sayang banget sama hamba-Nya.

Ada empat hal yang pasti terjadi, dan kuncinya agar kita menjadi hambaNya yang mulia:

  1. Saat melakukan KEBAIKAN >>> IKHLASKAN
  2. Saat melakukan KESALAHAN >> TAUBATKAN
  3. Saat mendapat KARUNIA-NYA >> SYUKURI
  4. Saat mendapat MUSIBAH >> SABAR

Selalu berpegang pada  pesan bapak dulu, "Bergurulah kepada orang-orang yang alim, kalo tidak, setan yang akan mengguruimu."


2. Tanya jawab:

1. Endang - Singapura
Dari mana belajar terapi syukur dan berapa lama melakukan terapi ini?
Jawab:
Saya dapet dari internet. Tapi ngaak saya save linknya.  Lupa sudah berapa lama, sekarang masih belajar istiqomah. Mohon doanya. Sambil ngajak keponakan-keponakan yang kecil belajar bareng. Kalo pas lagi makan biasanya kan saya hanya doa makan saja, sekarang ditambah opening sebelum makannya agak panjang. "Makasih ya Allah... sudah kasih kami makan enak hari ini, ada petani yang menanam padi, ada mama yang masakin... Bla bla bla" awalnya mereka bilang ning cerewet 😂🙈 tapi alhamdulillah, yang sedikit masih bisa disyukuri.

2. Erli - Batam
Cerita lebih banyak tentang terapi syukur dong.
Jawab:
Awalnya kenal terapi syukur ini tahun kemarin. Pas baca ceramahnya Aa' Gym tentang syukur di FB saya pengen rasanya jadi ahli syukur. Mulailah belajar bersyukur dengan dzikir "alhamdulillah" setelah sholat. Nah, kok rasanya belum kerasa gitu kenikmatan bersyukur, hati masih belum bisa legowo, masih sensitif sama kenyataam yang nggak sesuai keinginan. Jadilah saya mencari-cari di internet cara bersyukur. Nah nemu tuh terapi syukur... 

Di artikelnya ditulis kalo menyebutkan nikmat Allah setiap hari bisa menambah rasa syukur. Tentunya bukan asal nyebut saja, tapi juga benar-benar diucapkan dengan kesungguhan hati. Biasanya saya menyebutkan sambil senyum-senyum sendiri, kadang juga maksa senyum.  Menyebutkan dari yang paling kecil, yang biasa kita lupakan. Karena kata Aa' Gym kalau bisa mensyukuri yang kecil, mudah bagi kita untuk mensyukuri yang besar. 
Tentang waktunya biasanya dilakukan ba'da subuh. Tapi kalau lagi halangan pas bangun tidur senyum sendiri.

Sekarang masih belajar lagi, masih sering lupa kalau kesiangan bangun.

3. Melly- Jerman
Saat kehilangan ibunda dan merasa terpuruk, siapa yg memotivasi mba Lila dan mensupport saat itu sehingga bisa memunculkan rasa "terapi syukur" dalam diri mba Lila, boleh diceritakan bagaimana support yang diperoleh? 
Adakalanya iman naik dan turun, saat di bawah dan merasa khilaf dari rasa syukur ini, kegiatan apa yg segera mba Lila lakukan supaya menaikkan rasa syukur tsb?
Jawab:
Bapak saya. Pas awal-awal ibu meninggal, keluarga bener-benar memberi perhatian penuh. Apalagi bapak, selalu tahu cara bikin saya bahagia dengan cerita konyol yang kadang juga gak nyambung. Dan alhamdulillah Allah selalu kirimkan orang-orang baik di sekeliling saya, termasuk teman-teman di sini.

Pas Ibu meninggal saya sudah di pondok pesantren, jadi kegiatan full di pondok bisa membantu. Tapi kalo pas liat teman-teman dijenguk sama orangtuanya, saya mewek sediiih. Tapi namanya di pondok kegiatan padat sekali, jadi alhamdulillah terlewati.
Iman naik turun udah hal yg pasti kan ya ? Semangat juga kadang naik turun.

Misal nih kalo saya meratapi kesedihan pas ada musibah. Misalnya gara-gara gagal tes beasiswa. Sedih, putus asa, mau nyebutin nikmat Allah yang lain kok susah, kesedihannya sudah dominan. Kalau sudah sadar sedikit tuh saya suka bilang gini " Iiih, ini pasti bisikan setan. Gak mau ah setan seneng karena berhasil bikin saya putus asa". Barulah akhirnya bangkit lagi. Ngomong gini karena sering denger kalo bapak dulu ngajakin sholat. "Masak mau setan berpesta atas kemenangan menipu kita". Jadi semangatnya buat gak mau kalah sama setan. Entah gimana amalan seperti ini di mata Allah hanya mencoba nyemangatin diri sendiri.

4. Shindie - Singapura
Sekarang yang sedang hangat adalah kisah 2 anak muda yang mengakhiri hidupnya karena stres/frustasi sejak kepergian ibu mereka. 
1. Bagaimana Lila memandang hal ini?
2. Ada tips ngga dari Lila (kan udah berpengalaman nih) buat para orangtua agar anak-anak ngga terlalu attached ke ibu dan buat para anak-anak piatu khususnya dalam menjalani kehidupan sepeninggal ibu.
Jawab:
Pertanyaanya butuh mikir ya mbak....
Menurut saya stres sampek pengen bunuh diri itu karena salah fokus aja. Kita sering fokusnya sama masalah terus.. Habis itu sedih berkepanjangan. Padahal masih banyak nikmat yang lainnya.
Dulu saya juga sering sedih meratapi diri, apalagi masih labil suka curhat di medsos. Lah kok ternyata banyak yang mengkasihani. Semakin sedih lah saya... Terus saya coba kalau ada masalah gak update, lah ternyata lebih enak mengobati kesedihannya. 

Overall.. Sholat dan Al quran masih jadi obat paling ampuh yang bikin tenang. Dulu saya pernah observasi ke diri sendiri, kalo pas saya sedih hari itu saya cari penyebabnya, ternyata saya tidak mengaji hari itu. Kalau udah gak ngaji hati ini lebih mudah tersinggung, sedih, sombong

5. Dyah - Cilacap
Mba Lila, saya jadi kepikiran terapi syukur ini untuk membantu anak tetangga yang kebetulan mantan murid saya. Dia kls 5 SD dan baru saja tadi pagi kehilangan ayahnya meninggal dg cara bunuh diri.
Khawatir pengaruh terhadap mentalnya. Anaknya pintar, selalu juara kelas, periang, dan baik perilakunya.
Jawab:
Ya Allah...
Semoga ibu dan keluarga kuat menghadapi semoga si anak juga semakin kuat menerima.

6. Melly-Jerman
Mba Lila, ada pertanyaan agak OOT.  Boleh tahu mondok dimana dan sejak umur berapa masuk pondok? Apakah saat masuk pondok sudah baligh (mentruasi) ?
Jawab:
Dulu mondok di Al Ishlah Bondowoso di Jawa Timur, salah satu pondok alumni gontor. Lulus SD langsung mondok dan belum menstruasi. Kelas 2 saya kaget kok keluar darah, menjerit nangis. Alhamdulillah pengurusnya baik-baik. Diajarin cara masang pembalut, soalnya awalnya saya kebalik masangnya.
Masalah mondok belum baligh ya. Sebenernya saya pribadi sekarang mulai merasa dampaknya. Memang ada banyak positifnya, tapi ada juga negatifnya. Kalau saya pribadi, kedekatan saya sama keluarga besar sangat kurang, kadang juga gak kenal karena jarang ketemu. Apalagi saya lanjut kuliah di kota lain, akhirnya bertahun-tahun jarang ketemu. Paling kalau Ied saja.Terus saya lebih sering main sama teman daripada keluarga. Sediiiih banget. Sekarang masih mencoba menjalin kembali silaturahmi.

3. Closing
Berkat belajar di sini, di IIP.  Mempraktekkan tantangan materi IIP sama keponakan.  
Saya dulu orang yang nggak sabar sama anak kecil. Saya nemu artikel "masa egosentris anak". Akhirnya pahamlah ternyata anak-anak itu egonya memang besar di masanya. Mulailah belajar senyum manis sama ponakan.

Terimakasih ya allah atas nikmat dan rizkimu sehingga aku bisa bernafas,makan minum,bermain bareng,dan lainnya.


Comments

Popular Posts