Development Task



Sepuluh hari pertama membersamai anak-anak sesuai dengan materi 7 ini, saya melihat hubungan di ranah intrapersonal Sp cukup seimbang dengan hubungan di ranah interpersonal. Sebagai anak di usia menjelang remaja, masa ini sangat penting untuk menguatkan ke empat ranah. Sehingga ketika menginjak usia remaja tidak ada kegalauan dalam bersikap kelak. Konsep diri yang kuat akan sangat membantu dalam pergaulan remaja.

Kegiatan hari ini diisi membacakan buku untuk Sn dan ngobrol santai dengan Sp.  Isi obrolan tentang pergaulan remaja. Menghalau sikap ragu dan mudah terpengaruhi. 

Hari-hari ke depan untuk tantangan 10 hari, saya akan membersamai Sp untuk lebih melatih konsep diri dan hubungan dengan sesama.
Saya merasa dengan melatih kesabaran, belajar konsisten juga  menumbuhkan motivasi pada diri juga akan sangat membatu atau berimbas di bidang akademi. 

Pada materi 6 lalu, ketika saya penasaran dengan salah satu manfaat pintar matematika akan membuat seseorang menjadi sabar. Bagaimana caranya? Karena apa yang terjadi pada Sp yang menyukai pelajaran matematika, justru hasilnya menurun karena keteledoran dia sendiri. Ditambah ada pergantian guru yang menurut dia cara penyampaian pelajarannya kurang cocok. Setelah mengulik dan terus membersamai akhirnya saya menemukan cara sendiri. Karena usia bertambah, maka saya menambah tanggung jawab pekerjaan rumah yang lebih detail kepada Sp. Maka saya harus mengajarkan langkah demi langkah  pekerjaan rumah tersebut dengan telatan dan detail. Saya sampaikan bila tidak telaten karena melewatkan satu langkah maka hasilnya tidak akan baik sesuai harapan. Berkali dan berulang mendampingi. Klik! Saya gunakan langkah-langkah tersebut disaat belajar soal matematika. Alhamdulillah Sp bisa mengikuti dan kepercayaan dirinya kembali, sehingga secara tidak langsung dia mulai masuk pada step easy and enjoy.

Development task. Saya akan lebih fokus tentang tugas perkembangan (development task) pada Sp dan Sn.  Karena di usia mereka justru perlu mengenal banyak kegiatan, dan tambahan untuk usia Sp mengenal profesi yang lebih detail. Kehadiran saya dalam membersamai mereka akan membantu masuk pada tahap easy, enjoy dan excellent. Harapan saya dalam tahap ini tidak akan ada kesulitan bagi saya untuk mengenalkan kebesaran sang Pencipta, agar melek spiritual.


#Harike-11
#Tantangan10hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga

Comments

Popular Posts