Belajar Mengatur Perencanaan





Menindaklanjuti tulisan kemarin agar kemuliaan anak meningkat, salah satunya adalah Anak terbiasa merencanakan (membuat budget) berdasarkan skala prioritas. 

Sedang mempertimbangkan untuk memulai dalam minggu besok. Sebagai langkah awal saya bicarakan dengan Sp tentang persiapan dia untuk playdate hari Jumat, empat hari yang lalu.

Bersamaan belanja mingguan, Sp minta membeli cemilan untuk playdate. Saya mengijinkan selama tidak coklat dan permen. Dan wanti-wanti juga untuk memastikan makanan yang dia beli akan disukai oleh temannya. 

Di saat akhir playdate, saya melihat 'satu paket' permen di atas meja makan. Jawaban Sp adalah temannya yang beli di minimart dekat rumah.

Hari ini saya bahas tentang camilan playdate itu. Ternyata bukan hanya permen, Sp dan teman-temannya juga membeli camilan lain dan mainan sejenis granat dari minimart dekat rumah. Satu pack Jelly stick yang dia beli tidak disentuh sama sekali. Beberapa bungkus granat mainan dan setengah pack permen. 

Kedepannya hal ini diharapkan tidak terulang. Bila membeli bersamaan, diakhir playdate semua barang harus dibagi rata. Ketika beli barang haru sesuai dengan yang kita butuhkan. Kalau kita belum tahu apakah akan suka atau tidak, bisa dicoba membeli satu atau dua bungkus. Bukan langsung beli banyak kemudian menjadi mubajir.  Diakhir obrolan, saya tanya, siap nggak kalau diminta untuk mengatur budget sesuai prioritas, tidak menyisakan barang yang mubajir? 
"Siap!"
Kita lihat nanti.




 Latih - percayai-jalani-supervisi-latih lagi.
#HariKe-5
#KuliahBunSayIIP
#Tantangan10hari
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial




Comments

Popular Posts