Panik di Hari Pertama


Hari pertama melaksanakan mini budget membuat Sp sempat bingung. Saya sengaja mendampingi penuh untuk menuliskan pemasukan dan pengeluaran di hari pertama.

Ketika saya minta Sp menceritakan apa saya yang dia beli hari ini di sekolah. Sempat bikin saya terbelalak. Karena porsi makan yang besar. Setiap Senin Sp berada di sekolah sampai sore, karena mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.

Penulisan besar masukan dan pengeluaran selesai, tinggal menghitung uang yang ada dan mencocokkannya dengan nominal dalam buku laporan.

Sp bingung ketika nominal uang berbeda, kurang dari nominal yang ada dalam buku laporan. Padahal dia sudah pede karena dia menyimpan sebagian uang pemasukan dengan uang tabungan harian dia. Dan nominalnya masih tetap kurang. 

Sampai beberapa saat dia melihat buku laporan, dan akhirnya dia tahu alasan kenapa uangnya tekor. Total uang dalam buku laporan selain uang pemasukan atau rewards dari aktifitas Sp, juga termasuk uang saku satu minggu. Sementara Sp menyimpan uang saku di tempat terpisah dengan uang pemasukan. Alasannya, lebih mudah tahu berapa banyak dia mendapatkan uang dari hasil menabung harian sisa uang saku plus uang rewards. Karena uang saku sudah pasti akan terpakai selama seminggu.

Memisahkan uang saku dan uang rewards memperlihatkan bahwa Sp sudah mampu mengelola uang secara sederhana. Besok giliran Sp untuk menulis laporan dalam buku. 



Latih - percayai-jalani-supervisi-latih lagi.
#HariKe-12
#KuliahBunSayIIP
#Tantangan10hari
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial

Comments

Popular Posts