Melek Finansial


Melanjutkan tulisan kemarin tentang Mini Budget untuk Sp. Hari ini kita diskusikan susunan aktifitas yang dilengkapi dengan reward berupa uang tunai. Tidak besar nominal rewardnya. Paling tinggi $2, paling rendah 30bsen.

Saat tahu nominal terrendah, Sp ketawa ngakak. Tapi ketika  saya jelaskan kalau dia melakukan optimal aktifitas yang memberikan reward 30 sen tersebut dalam sehari maka dia akan mendapatkan $1.50. Reaksi yang diberikan Sp membelalakan mata dan senyum lebar. Ini sebagai praktek dari teori bahwa nominal kecilpun bila dikumpulkan akan menjadi nominal besar.

Daftar aktifitas bukan saja yang memberikan reward, ada juga aktifitas yang mengurangi nominal. Biasanya hal ini berhubungan dengan rasa malas.

Langkah selanjutnya, saya mengenalkan tabel sederhana. Tentang daftar aktifitas yang dilakukan dan nominal reward. Kolom nominal reward saya bagi dua menjadi kredit dan debet. Setelah menjelaskan perbedaan kredit dan debet, saya memberikan kesempatan Sp untuk mempelajari tabel. Semuanya jelas. Program ini akan berjalan selama satu minggu. Mulai 24 September sampai 1 Oktober. 


Latih - percayai-jalani-supervisi-latih lagi.
#HariKe-10
#KuliahBunSayIIP
#Tantangan10hari
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial



Comments

Popular Posts