Tentang Konsekuensi


Hari ini neng Sp yang ingin bercerita sama saya. Dia bilang giliran dia bercerita, mami yang mendengarkan. Alhamdulillah ternyata mendapat tugas mendongeng malah menginspirasi si neng untuk mendongeng juga.

Dongen tidak bisa dianggap sepele, karena dengan melalui dongeng kita bisa menyampaikan pesan moral pada si pendengar.

Menjadi pendongeng juga bukan suatu hal yang mudah, karena kita harus menciptakan karakter juga alur cerita.

Cerita neng Sp mengenai seorang anak perempuan bernama Katie sangat kegirangan karena mendapatkan barang yang selalu dia mimpikan. Sebuah handphone. Dia tidak peduli jenis handphone yang dia terima itu merupakan handphone model lama, karena intinya masih handphone.  Moral value: neng Sp tahu tentang rasa syukur.

Ketika  ibu sedang menjelaskan aturan bermain handphone, Katie pura-pura mendengarkan. Hatinya yang dipenuhi rasa girang tidak bisa fokus mendengar apa yang ibu sampaikan. Sampai suatu saat ibu menegur Katie yang tidak mengikuti aturan memakai handphone. Yang akhirnya Katie harus menyerahkan handphone barunya kepada ibu sebagai konsekuensi berlebihan menggunakan handphone. 
Moral value: pada dasarnya Sp tahu setiap aksi akan diikuti dengan konsekuensi.

Cerita singkat yang sarat makna bagi saya. Karena dari situ saya bisa banyak mengetahui bahwa Sp cukup dewasa di usianya yang ke-10 ini tentang rasa bersyukur juga tanggung jawab dan konsekuensi.


#Harike6
#Tantangan10hari
#GrapYourImagination
#BundaSayang
#IIP



Comments

Popular Posts